Sabtu, 20 Oktober 2018

 Headline

Firman Utina Kepincut 5 Pemain Cordoba

Diposting pada 07/02/2018, 14:09 WIT
COACHING CLINIC: Firman Utina (jersey oranye) saat menggelar coaching clinic di Stadion Gelora Kieraha, Selasa (6/2). Dalam coaching tersebut, mantan pemain timnas Indonesia ini menggaet sejumlah bakat muda Malut/ HIZBULLAH MUJI/MALUT POST
COACHING CLINIC: Firman Utina (jersey oranye) saat menggelar coaching clinic di Stadion Gelora Kieraha, Selasa (6/2). Dalam coaching tersebut, mantan pemain timnas Indonesia ini menggaet sejumlah bakat muda Malut/ HIZBULLAH MUJI/MALUT POST

TERNATE – Kedatangan Firman Utina ke Ternate berdampak positif terhadap pemain-pemain muda. Salah satu yang dipastikan untuk bergabung dengan timnas Indonesia usia 16 tahun adalah Hairul Buamona. Kepastian tersebut disampaikan Firman Utina usai memberi coaching clinic di Sekolah Sepak Bola (SSB) Cordoba, kemarin di Stadion Gelora Kie Raha Ternate.

Hairul Buamona adalah pemain binaan SSB Cordoba yang saat ini tengah dipanggil mengikuti seleksi tahap II yang digelar Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) di Siliwangi Bandung. Skuad timnas U-16 tersebut dibentuk untuk berlaga pada Piala Asia 2018. Ya, Firman Utina adalah pelatih yang dipercaya untuk menyaring pemain-pemain yang dipanggil dari berbagai daerah itu.
“Hairul Buamona dipastikan lolos seleksi tahap II. Kita menunggu saja pengemuman pada Maret nanti. Tapi yang jelas dia (Hairul) punya kualitas yang bagus. Dia bisa dipasang di semua lini, tinggal kita asah mentalnya saja. Tapi kalau kualitasnya, Hairul memenuhi syarat yang kita perlukan,” terang Firman Utina, usai memberi coaching clinic kemarin.

Menurut Firman, pemain-pemain Maluku Utara ini cukup banyak dengan kualitas di atas rata-rata. Hanya saja, kekurangannya adalah tidak memilikin jam terbang yang cukup. Dan itu dirasakan oleh Hairul Buamona saat menjalani seleksi masuk skuad timnas Indonesia usia 16 tahun. Firman menilai, kualitas Hairul cukup diperhitungkan oleh pemain-pemain lain di daerah Jawa. Namun, mental bermain Hairul masih jauh dari harapan. Meski demikian, Firman mengaku persoalan tersebut tidak menutup jalan Hairul untuk bergabung dengan timnas bentukan BLiSPLI tersebut.

“Kalu saya lihat pemain yang kualitas seperti Hairul di Maluku Utara ini cukup banyak. Tapi kekurangan mungkin karena kurangnya jam bermain, sehingga mempengaruhi mental pemain saat berhadapan dengan tim-tim dari luar Ternate. Karena saya lihat Hairul pertama seleksi, orangnya kaku dan pemalu. Tapi kita akan asah terus, dan itu tidak menjadi soal yang penting semangat dan mau dibina,” kata mantan punggawa timnas Indonesia itu.

Saat memberi materi dasar-dasar sepak bola pada SSB Cordoba kemarin, Firman mengaku terkecut dengan kemampuan pemain-pemain muda itu. Pasalnya, materi yang diberikan Firman dengan mudah diserap dan dipraktekkan oleh pamin. Ya, Firman memang punya akademi sepak bola, FU Academy. Dari hasil coaching tersebut, Firman kepincut dengan beberapa pemain binaan SSB Cordoba itu.  

Ia menilai, kualitas pemain memang relative sama tapi pemahaman dan kecepatan pemain menyerap dan mempraktekkan apa yang diajarkan pelatih yang menjadi keunggulan tersendiri bagi Firman. Ada sekitar 5 pemain yang membuat Firman jatuh cinta, dan bakal dipanggil untuk bergabung dengan akademi sepak bola milik Firman tersebut.

“Selama edukasi berjalan di lapangan saya bangga dan terkejut dengan pemain yang begitu cepat memahami. Ada beberapa pemain yang saya nilai bagus. Saya akan bicarakan dengan pelatih dan orangtua mereka, jika bisa maka akan saya panggil untuk bergabung dengan Akademi FU,” ungkapnya.

Kurang lebih 45 menit Firman Utina membagi pengetahuan sepak bola dengan pemain SSB Cordoba, Firman menilai sebagian besar pemain punya kualitas dan keingian yang kuat untuk menjadi pemain hebat. Karena itu, Firman menyarankan agar SSB Cordoba harus memperbanyak jam terbang pemain dengna mengikuti sejumlah even, baik tingkat lokal maunpun nasional.

Pelatih Cordoba, Samsudin Koja mengatakan, SSB Cordoba mendatangkan Firman Utina itu bertujuan agar bisa memberi motivasi dan membagi pengetahuan kepada pemain-pemain muda mereka. Samsudin mengaku, ada pengetahuan dan pengalaman baru yang belum pemain dapatkan selama  belajar di SSB Cordoba.

“Ini sangat baik buat peman kita di Cordoba ini. Banyak hal yang mereka dapatkan dala program SSB. Semoga dengan kedatangan Firman Utina bisa berdampak pada pemain-pemain kita di Cordoba ini,” katanya.(mg-04/yun)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(83,63%)       :       (16,37%)

Dahlan Iskan