Kamis, 12 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / JURNALISME / Drainase Dipenuhi Sampah

Drainase Dipenuhi Sampah

Diposting pada 19/02/2018, 09:53 WIT
 BUTUH KESADARAN:  Sampah botol plastik memenuhi draenase di kawasan perkotaan, Kota Tobelo
BUTUH KESADARAN: Sampah botol plastik memenuhi draenase di kawasan perkotaan, Kota Tobelo

KESADARAN masyarakat terutama yang tinggal di kawasan perkotaan untuk membuang sampah pada tempatnya ternyata masih minim. Buktinya, selain berserakan di pinggir jalan, drainse di belakang pelabuhan Tobelo, tepatnya di RT 1 dan 2 Desa Rawajaya, dipenuhi sampah botol plastik.
Hal ini tentunya akan mengakibatkan banjir, di sebagian wilayah di Rawajaya. Menurut tokoh pemuda Rawajaya, Muhammad Ris Me, selain sampah, sistem pembangunan drainase yang buruk juga salah satu penyebab banjir.
“Harusnya dorang (mereka) buat dulu pembuangan utama ke laut, baru dibuat draenase kecil untuk mengarahkan air ke pembuangan tersebut. Kalau model begini kan air tidak langsung ke laut. Air mengendap dulu baru keluar," ungkapnya menjelaskan.
Terkait sampah, dia sangat berharap kepada Pemdes setempat agar membuat perda tentang sampah seperti yang sudah dibuat daerah lain. Hal itu agar masyarakat betul-betul sadar akan kebersihan lingkungan. Sebab sebelumnya pemuda Rawajaya sudah melaksanakan baksos bahkan sudah ada tim sampah yang mengangkut sampah tiap sore, tapi ternyata belum sepenuhnya menghilangkan kebiasaan masyarakat di sekitar.  Bahkan ada yang tidak mendukung program pemuda tersebut dengan alasan berbayar.
“Dengan adanya perdes tersebut, saya rasa masyarakat tidak rugi lagi dengan nilai iuran sampah, ketimbang harus menangung sanksi," ungkapnya.
Untuk itu selaku sekretaris umum Komunitas Pemuda Rawajaya Pantai (KPRP) dia juga meminta agar pemuda mengagendakan kembali baksos di sekitar pemukiman tersebut. Disamping itu dia juga meminta perhatian instansi terkait, atas kubangan air yang sudah lama mengendap di belakang pemukiman warga, karena rentan mendatangkan penyakit. (*)
Pengirim: Ripli Mokoginta-Tobelo

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan