Senin, 17 Juni 2019

 Headline
MALUT POST / / Sehari, Empat Tewas di Jalan

Sehari, Empat Tewas di Jalan

Diposting pada 12/03/2018, 12:37 WIT
Korban Lakalantas.
Korban Lakalantas.

JAILOLO – Kecelakaan tragis terjadi di ruas jalan Halmahera Barat, tepatnya di Gunung Potong, Kecamatan Jailolo Selatan. Dua nyawa anak muda melayang dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi sore kemarin (11/3) itu. Selama ini, Gunung Potong memang dikenal sebagai lokasi rawan lakalantas lantaran kondisi jalannya yang menurun tajam.
Kedua korban masing-masing bernama Franky Basarama (20) dan Rafles Kakale (18). Dua pemuda pengangguran asal Desa Tauro, Kecamatan Jailolo, itu tewas usai terseret truk yang disupiri Claudio Roling (24), warga Minahasa, Sulawesi Utara.
Kejadian bermula saat Revo dengan nomor polisi DG 3522 M yang dikendarai Franky melaju dari arah barat, tepatnya dari Desa Taba Hijrah, Jailolo Selatan (Jalsel). Sepeda motor itu melaju dengan kecepatan tinggi. Sesampainya di jalan bercabang di Desa Domato, dari arah berlawanan muncul truk Isuzu bernopol DB 6773 EY. Claudio juga mengendarai truknya dengan kecepatan tinggi.
Kondisi jalan yang licin terkena hujan ditambah tikungannya yang terbilang tajam membuat laju kendaraan tak dapat dikendalikan. Franky sempat berupaya menghindar dari hantaman truk. Namun upaya tersebut berujung maut. Motor yang dikendarainya terpeleset hingga keduanya terjatuh di jalanan dan terseret sejauh 5 meter.
Malangnya, setelah terjatuh, tubuh Franky dan Rafles langsung disambar truk. Akibat kecelakaan tersebut, kedua korban mengalami luka serius. Dua korban dilaporkan langsung tewas di lokasi kejadian.
Claudio menuturkan, ia sempat banting setir saat melihat kedua korban tiba-tiba muncul di depan truknya. Namun upaya tersebut gagal menyelamatkan nyawa keduanya. Jenazah korban sempat dibawa ke Puskesmas Jalsel sebelum akhirnya dijemput keluarga untuk dimakamkan.
Petugas piket dari Polsek Jailolo Selatan yang mendengar informasi tersebut langsung bergerak cepat menuju ke lokasi dan melakukan olah TKP. Truk Isuzu yang dikendarai Claudio bersama dua rekannya Edi Pontoh (40) dan Roy Pala (44), warga Desa Aketola, Sahu Timur, langsung diamankan petugas ke Polsek Jalsel. Ketiganya turut diperiksa namuna statusnya sejauh ini masih sebagai saksi.
Kapolres Halbar AKBP Bambang Wiriawan saat dikonfirmasi membenarkan kejadian maut tersebut. "Jadi kedua korban yang menumpangi Revo ini melaju dengan kecepatan tinggi sehingga hilang kendali. Untuk truk dan motor milik korban juga masih diamankan petugas di Jalsel," tutur Kapolres.

Marak Lakalantas
Lakalantas tak hanya terjadi di Halbar. Sebuah lakalantas tunggal di jalan raya Kelurahan Folarora, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), juga menewaskan Ahdi Awaludin (35) kemarin. Ahdi yang merupakan warga asal Buton, Sulawesi Tenggara dan berdomisili di Kelurahan Dowora, Tikep itu kehilangan nyawanya usai Vario bernopol DG 2620 LA menabrak pembatas jalan. Ia dilaporkan terlempar sejauh 17 meter dari kendaraannya dan mengalami luka-luka di sekujur tubuh. “Kami dengar korban minta tolong saat ia berada di jalan bertanjak. Posisi motor turun tanjakan. Memang kendaraan melajut cepat,” jelas Jumriran (29), salah satu saksi mata.
Ketika berkendaraan, Ahdi mengangkut muatan satu karung pakaian. Warga yang berada di lokasi kejadian berusaha menolong korban, melarikannya ke rumah sakit. Sayang, dalam perjalanan, korban dinyatakan tewas.
Sementara di Halmahera Selatan, lakalantas tunggal juga merenggut nyawa karyawan PT Babang Raya, Rustam Umar (33). Warga Desa Babang, Kecamatan Bacan Timur itu tewas setelah motor Honda Beat tanpa nomor polisi yang dikendarainya menabrak mobil penumpang Suzuki Futura dengan nopol DG 1179 KU yang sedang parkir di Jalan Labuha-Babang. Lakalantas itu terjadi tepat di depan RSUD Labuha, Minggu dini hari.         
Setelah menabrak mobil, kepala Rustam membentur bodi mobil. Namun motornya terus bergerak dan sempat menghantam Sarwaan Hi Muhammad yang sedang nonton pesta joget. Akibatnya, Sarwaan juga mengalami lecet dan patah gigi bagian depan sementara Rustam langsung tewas di tempat.
 Kapolres Halsel AKBP Irfan SP Marpaung saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu. Dia mengatakan korban diberangkatkan ke Ternate untuk dimakamkan oleh keluarganya. “Barang bukti berupa kendaraan sudah diamankan di Polres. Korbannya sudah dibawa ke Ternate untuk dimakamkan,” jelas Kapolres.(aji/far/sam/kai)

 

Share
Berita Terkait

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan