Senin, 16 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / JURNALISME / FKUB Kota Ternate Gelar Rapat Perdana

FKUB Kota Ternate Gelar Rapat Perdana

Diposting pada 16/03/2018, 09:51 WIT
KOMPAK: Foto bersama pengurus Kerukunan Umat Beragama Ternate
KOMPAK: Foto bersama pengurus Kerukunan Umat Beragama Ternate

TEPAT 14 Maret 2018 kemarin, bertepatan dengan satu bulan Pengurus FKUB Kota Ternate periode 2018–2023 dilantik. Rabu kemarin pula FKUB Kota Ternate melakukan Rapat Perdana Pengurus guna mempersiapkan program kerja satu tahun dan membahas isu-isu terkini soal hubungan antar agama.
Rapat perdana ini dipimpin langsung oleh Ketua FKUB Kota Ternate, Drs H. Tahir Abdullah. Dalam arahannya beliau mengatakan, dalam melakukan tugas sebagai pengurus FKUB perlu ingat “3K” yakni,  Komunikasi, Konsultasi, dan Koordinasi. Sebab mengurus agama-agama bukanlah hal yang gampang, perlu 3K untuk menyampaikan informasi terkini, mengambil langkah-langkah konkrit terkait persoalan agama-agama tersebut.
Kepala kantor Kesbangpol Kota Ternate H. Abdullah Sadik, selaku Pembina FKUB mengingatkan FKUB dalam merancang program kerja harus berorientasi pada isu-isu kerukunan umat beragama, baik secara internal agama maupun antar agama. Pembinaan umat mesti menjadi program jangka panjang FKUB. Dalam menghadapi Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019 FKUB juga perlu mengangkat program Pilkada Damai dengan menyerukan kepada umat untuk menolak politisasi agama, isu SARA, politik uang dan berita hoax.
Senada dengan Kakan Kesbangpol Kota Ternate, Jo Kalem Kesultanan Ternate H. Ridwan Dero yang juga adalah pengurus FKUB mengatakan, Pengurus FKUB perlu melakukan kunjungan ke tempat-tempat ibadah, melakukan pertemuan antar umat beragama dalam rangka menyuarakan pentingnya menjaga kerukunan, teristimewa menjelang Pilkada. Langkah Ikhtiar dan kewaspadaan dini bagi umat beragama serta perlu mempublikasikan kegiatan-kegiatan FKUB pada media di Kota Ternate.
Rapat ini juga membicarakan beberapa agenda antara lain, Kesiapan untuk memasuki Sekretariat FKUB yang perlu direhabilitasi dan pengadaan mobile, Pemanfaatan dana bantuan operasional FKUB, Petunjuk teknis penggunaan Dana bantuan pemerintah dan soal-soal terkini mengenai agama-agama di Kota Ternate serta penjadwalan silaturahmi dengan stakeholder di Kota Ternate. “Mari torang bagandeng tangan mewujudkan kerukunan di Kota Ternate,” tutupnya. (*)
Pengirim: Jan Gimon, Anggota FKUB

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan