Headline

PDAM Didesak Tuntaskan Tunggakan Pelanggan

Diposting pada 21/03/2018, 12:19 WIT
PDAM Kota Ternate
PDAM Kota Ternate

TERNATE – Nilai tunggakan pelanggan ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Ternate mencapai Rp 4 miliar. Sayangnya hingga saat ini belum sepeserpun yang bisa ditagih PDAM. Hal ini mendapat sorotan Komisi II DPRD Kota Ternate.” Dulu saat rapat bersama dengan PDAM nilai tunggakannya sebesar Rp 4 miliar, kalau PDAM serius menagih pasti ada pengurangan nilai tunggakan, tapi kenyataannya nilai tunggakan tetap Rp 4 miliar ini menunjukkan  tidak ada upaya penagihan yang dilakukan PDAM,” sentil Anggota Komisi II DPRD Kota Ternate, Djadid Ali, Selasa (20/3).

    Harusnya menurut Djadid PDAM memasang target dalam sebulan berapa besar nilai tunggakan yang bisa tertagih, kalau tidak ada progres kesannya PDAM tidak ada upaya. Hal ini kata Djadid akan mengganggu operasional PDAM. Politisi golkar ini meminta ketegasan PDAM jika ada pelanggan yang menunggak harus dilakukan pemutusan sambungan agar nilai tunggakan tidak membengkak.” Misalnya ada warga yang tunggakannya sudah empat bulan, kalau tidak dilakukan pemutusan tentu nilai tunggakan itu akan terus bertambah,”tandasnya.


    Djadid meminta PDAM menyiapkan data berapa banyak warga, perusahaan atau perkantoran yang menunggak pembayaran rekening air. Jika PDAM memiliki data maka proses penagihan juga bisa dilakukan tepat sasaran dan terencana.” Kalau tidak ada data tentu PDAM akan kesulitan,” ujarnya.
 
    Dia berharap, PDAM jangan terlau bergantung pada subsidi anggaran sari pemerintah namun PDAM harus berupaya untuk membiayai operasionalnya sendiri dengan memanfaatkan anggaran tunggakan pelanggan, karena itu penagihannya harus dilakukan maksimal.” Dalam waktu dekat kami akan memanggil PDAM untuk kembali mendesak agar hutang pelanggan segera diselesaikan,”pungkasnya.(cr-05/rul).

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan