Sabtu, 20 Oktober 2018

 Headline

PLN Siap “Amankan” Ujian

Diposting pada 21/03/2018, 12:23 WIT
UNBK
UNBK

TERNATE – Ujian Nasional tingkat SMA akan dilaksanakan pada 2 April nanti. Selanjutnya pada 23 April untuk tingkat SMP. Dominan baik tingkat SMA maupun SMP akan melaksanakan Ujian online (UNBK). Karena itu, pasokan listrik dan jaringan internet sangat dibutuhkan.
Akan tetapi, hingga kini dari Dikbud baik provinsi maupun Dikbud Kota Ternate, belum satupun yang berkoordinasi dengan PT PLN. Hal ini dibenarkan  Kepala PLN Area Ternate, Awat Tuhuloula saat dikonfirmasi MAlut Post, kemarin (20/3).
”Saat ini belum ada koordinasi dari pemerintah, kalau ada maka kami akan mengantisipasi genset ke sekolah-sekolah,” ungkap Awat.
Meski begitu, dia berjanji akan berupaya agar saat ujian nanti tidak terjadi pemadaman, terutama di sekolah pelaksana. Diakuinya, pemadaman yang masih terjadi beberapa waktu terakhir ini  karena pemindahan kabel dari Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) kayu merah ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Kastela, karena masa kontrak di Kayu merah sudah berakhir. ”Tapi sekarang, sudah mulai normal, pemindahan itu hanya butuh waktu satu jam pemadaman, ”ujarnya.
Dia mengaku jelang UN, pihaknya tidak akan melakukan pemeliharan mesin karena akan menganggu aktivitasnya.
Pernyataan Awat ini berbeda dengan Nurhayat yang mengaku sudah  berkoordinasi dengan PLN dan Telkom.
Dia juga mengaku bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Telkom dan PLN  untuk meminta jaminan agar tahun ini tidak memadamkan listrik, terutama saat ujian berlangsung.
Sementara, Sekretaris Dikbud Kota Ternate, Hadi Haerudin mengaku tengah berkoordinasi dengan PT PLN untuk memberikan jaminan listrik.

Sementara itu, Ketua Komisi III, DPRD Kota Ternate mengaku akan mempertanyakan kesiapan Dikbud jelang UN, terutama terkait dengan kerjasama dengan PLN dan Telkom untuk memastikan kelancaran akses internet juga arus listrik termasuk dengan meminta PLN menempatkan genset di setiap sekolah pelaksana UNBK.   
"Jangan sampai saat pelaksanaan masih ada jaringan yang gangguan seperti tahun kemarin, begitu juga dengan arus listrik,” ungkapnya. (mg-01/cr-05/nty)
 

Share
Berita Terkait

Besok, Bioskop XXI Mulai Beroperasi

15/05/2018, 12:58 WIT

IPK Minimal CPNS Malut Resmi 2.50

19/09/2018, 12:59 WIT

Legu Gam Terancam tak Dilaksanakan

28/02/2018, 12:14 WIT

Investasi Bodong Makan Korban Lagi

16/04/2018, 12:26 WIT

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(83,63%)       :       (16,37%)

Dahlan Iskan