Rabu, 11 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / JURNALISME / DPD LDII Ternate Gelar Penanaman Pohon

DPD LDII Ternate Gelar Penanaman Pohon

Diposting pada 06/04/2018, 13:23 WIT
PEDULI LINGKUNGAN: Anggota LDII saat menggelar penanaman pohon di Lokasi Gunung Gamalama Ternate
PEDULI LINGKUNGAN: Anggota LDII saat menggelar penanaman pohon di Lokasi Gunung Gamalama Ternate

SEBAGAI bentuk kepedulian terhadap bumi, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Ternate melakukan gerakan penanaman pohon, akhir pekan lalu di lokasi Gunung Gamalama, khusunya Di sekitaran pegunungan Marikurubu.
Kegiatan yang diikuti sebanyak 20 peserta ini selain terdiri dari warga LDII, turut menanam pula anggota TNI dan masyarakat setempat. Bibit pohon Mahoni, Cengkeh, dan pohon Matoa adalah jenis bibit yang dipilih untuk disebarkan di sekitaran lokasi penanaman pohon.
Menurut pembina DPD LDII, Akhmad Zaini, pesatnya pertumbuhan penduduk, tuanya umur bumi, maka kondisi alam juga ikut mengalami kerusakan. Jika tidak dilakukan upaya menjaga kestabilan lingkungan, dikhawatirkan kelak dapat mengancam kehidupan generasi selanjutnya.
“Kegiatan penanaman pohon ini sebagai bentuk dari rasa bersyukur kita kepada Allah untuk ikut menjaga dan melestarikan bumi, guna keberlangsungan buat anak cucu kita kelak,” ujarnya.
Lahan yang gundul membuat lingkungan menjadi gersang. Dampak negatif kerusakan lingkungan, perlahan mulai tampak seperti terjadinya bencana alam berupa banjir dan longsor, sulitnyamencari mata air yang berih. “LDII sebagai ormas islam ikut peduli dan berkewajiban mewujudkan bumi yang hijau,.” Lanjutnya.
Pihak menyebutkan bahwa kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh DPD LDII Kota Ternate saja. Di berbagai daerah, LDII juga turut serta dalam menjaga alam lingkungan seperti di kabupaten Mempawah yang melakukan penanaman ribuan pohon mangrove di pesisir pantai yang mulai terlihat mengalami kerusakan lingkungan kategori level berbahaya.
Kegiatan penanaman pohon ini juga menindaklanjuti hasil Munas VII LDII untuk menggalakkan gerakan Penghijauan Nasional dan mengajak seluruh masyarakat Islam untuk ikut andil dalam Penghijauan Nasional sebagai amal jariyah. (*)
Pengirim : Syarfuddin N. Kapita Sekretaris DPD LDII kota Ternate 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan