Jumat, 06 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / JURNALISME / 4 Tahun Padam, Tiang Listrik Jadi Pajangan

4 Tahun Padam, Tiang Listrik Jadi Pajangan

Diposting pada 17/04/2018, 11:53 WIT
MEMPRIHATINKAN: Tiang listrik di desa Pancoran, Taliabu Barat yang hanya berdiri begitu saja tak memiliki fungsi apapun
MEMPRIHATINKAN: Tiang listrik di desa Pancoran, Taliabu Barat yang hanya berdiri begitu saja tak memiliki fungsi apapun

TENAGA Surya yang pernah dibantu oleh pemerintah pada tahun 2013 lalu, kini tak lagi berfungsi bahkan hanya menjadi pajangan di jalanan. Kondisi miris itu terjadi di Desa Pancoran, Kabupaten Pulau Taliabu, Kecamatan Taliabu Barat. Tiang listrik tersebut kini sangat memprihatinkan atau tidak berfungsi lagi alias rusak. Sehingga hal ini membuat warga setempat menjadi resah.
Kerusakan ini telah lama terjadi, dan masyarakat selalu berharap agar ada dinas terkait yang segera mengontrol. Sumber penerang ini telah lama rusak selama empat tahun, mengakibatkan tiang listrik hanya menjadi pajangan dan tak berfungsi lagi.
Menurut Samsul Matorang, warga desa setempat, kini tiang listrik yang berada di desa tersebut tidak lagi berfungsi. Bahkan, ada sebagian yang sudah roboh. Hal ini menurutnya, sangat memprihatinkan sebab, warga setempat tidak lagi menikmati penerangan.
“Kami selalu berharap semoga pemerintah daerah maupun pemerintah desa dapat melakukan perbaikan tenaga listrik. Apalagi listrik merupakan hal yang mendasar bagi kebutuhan masyarakat. Jika tidak ada penerangan maka kita tak ubahnya kembali ke zaman dahulu,” ujarnya.
Menurutnya, selama empat tahun belakangan warga setempat tidak lagi menikmati penerangan. Karena itu, warga harus menyediakan pelita atau lampu yang dibuat sendiri sekadar bisa menjadi alat menerang di waktu malam. Selain itu, ada sebagian masyarakat yang menggunakan mesin genset. (*)
Pengirim: Rahmat Akrim, Mahasiswa Ilmu Sejarah Unkhair

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan