Jumat, 13 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / JURNALISME / KESMMAT Peringati Hardiknas dengan Aksi Matematika Mengabdi

KESMMAT Peringati Hardiknas dengan Aksi Matematika Mengabdi

Diposting pada 09/05/2018, 12:59 WIT
MATEMATIKA MENGABDI: Kepsek, Dewan Guru & Siswa SD Negeri 38 Kota Ternate dengan Mahasiswa dan Kaprodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Khairun
MATEMATIKA MENGABDI: Kepsek, Dewan Guru & Siswa SD Negeri 38 Kota Ternate dengan Mahasiswa dan Kaprodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Khairun

MEMPERINGATI hari pendidikan nasonal (Hardiknas) 2 Mei 2018 Kelompok Studi Mahasiswa Pendidikan Matematika (KESMMAT) mengelar kegiatan “Aksi Matematika Mengabdi”. Kegiatan Matematika mengabdi dengan tema “Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SD melalui Pembelajaran Langsung”. Kegiatan itu dilaksanakan di SD Negeri 49 Kota Ternate. Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa matematika untuk mengabdikan dirinya di sekolah sebagai calon guru profesional masa depan, meningkatkan kemampuan matematika siswa, serta menumbuhkan kecintaan siswa terhadap matematika.
Kegiatan ini juga sebagai wujud tindak lanjut hasil kerja sama (MoU) antara Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Khairun dengan UPT Dinas Pendidikan Kota Ternate. Matematika mengabdi yang dilaksanakan pada hari Kamis, 3 Mei 2018 melibatkan pengurus KESMMAT dan anggotanya untuk melakukan pembelajaran langsung kepada siswa kelas I, II, III, IV dan kelas V SD Negeri 49 Kota Ternate.
Kegiatan “Matematika Mengabdi” yang kawal langsung oleh ketua dan sekretaris KESMMAT (Siti Hajar Hi. Yusuf dan Marwan La Gampa) dibawah bimbingan Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika Dr. Karman La Nani, S.Pd.,M.Si, mendapat sambutan positif dari Kepala Sekolah, Sofyan Muhammad Nur, S.Pd, dewan guru, dan siswa-siswi SD Negeri 49 Kota Ternate.
Menurut Kepsek SD Negeri 49 melalui sambutannya di acara penutupan, pengabdian semacam ini sangat penting bagi upaya mengubah kebiasaan dan fobia siswa terhadap pelajaran matematika. Kehadiran mahasiswa matematika dengan model pembelajaran langsung yang diterapkan secara menyenangkan dapat memotivasi semangat belajar siswa dalam mempelajari matematika.
Ketua Prodi Pendidikan matematika mengatakan, posisi matematika sebagai ratu dan pelayan ilmu pengetahuan, merupakan mata pelajaran yang wajib untuk dipelajari oleh peserta didik di semua jenjang pendidikan. Baik pendidikan formal, non formal dan informal, begitu juga pentingnya matematika dalam kehidupan masyarakat.    
Kegiatan Matematika mengabdi yang diakhiri dengan atraksi pembacaan puisi berjudul “Pesona Matematika” ciptaan Karman La Nani oleh Siti Rofika  mendapat sambutan meriah dari siswa-siswa SD Negeri 49. Hasil pantauan Purningsih Rasid selaku Koordinator kegiatan “Matematika Mengabdi” bahwa pembelajaran langsung yang dijalankan oleh beberapa mahasiswa matematika sangat disukai oleh siswa, karena selain menerapkan konsep matematika dengan cara rutin dan non rutin, mahasiswa juga menerapkan Game Matematika. (*)
Pengirim: Siti Hajar Yusuf, Ketua KESMMAT Pendidikan Matematika

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan