Headline

AGK-AHM Riuhkan Debat

Diposting pada 11/05/2018, 13:16 WIT
BERSIAP DEBAT: Keempat pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur Malut bersiap mengikuti debat terbuka kedua, Kamis (10/5) malam
BERSIAP DEBAT: Keempat pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur Malut bersiap mengikuti debat terbuka kedua, Kamis (10/5) malam

JAKARTA – Debat terbuka kedua Pemilihan Gubernur Maluku Utara digelar semalam (10/5). Debat kali ini disiarkan langsung iNews dari MNC Center Kompleks Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat. Berlangsung selama 1,5 jam, adu program ini dipandu presenter Tina Talisa.
Debat yang digagas Komisi Pemilihan Umum Malut ini kembali menghadirkan keempat pasangan calon, yakni Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai), Burhan Abdurahman-Ishak Jamaludin (Bur-Jadi), Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali (AGK-YA), dan Muhammad Kasuba-A Madjid Husen (MK-Maju). Lima panelis pada debat pertama juga dipakai lagi dalam debat kali ini yakni Rektor Universitas Khairun Ternate Husen Alting, Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara Saiful Deni, Rektor IAIN Ternate Samlan H Ahmad, ekonom Mukhtar Adam, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Malut Kombes (Pol) Benny Gunawan dan Kepala BKKBN Malut Putut Riyanto.
Debat ini mengangkat tema "Tata Kelola Pemerintahan untuk Kesejahteraan Rakyat". Tina membagi debat dalam lima segmen. Segmen pertama adalah pemaparan visi misi dna program unggulan, segmen dua menjawab pertanyaan dari panelis, segmen tiga pertanyaan melalui undian, segmen empat para paslon saling melontar pertanyaan, dan segmen lima //closing statement//.
Ketua KPU Malut Syahrani Somadayo dalam sambutannya mengajak masyarakat Malut turut menyukseskan helatan Pilgub dengan mendukung pelaksanaan pilkada damai. Masyarakat juga diajak memaksimalkan tingkat partisipasi dalam pencoblosan 27 Juni mendatang. ”Semoga dalam debat kali ini paslon bisa tampil lebih baik dari yang pertama. Untuk para pendukung, boleh yel-yel asal jangan saling menghujat satu sama yang lain. Tunjukkan pada publik bahwa Maluku Utara juga punya marwah,” ujarnya.
Secara umum, debat berjalan tertib dan lancar. Meski demikian, paslon nomor urut 1 AHM-Rivai dan paslon nomor urut 3 AGK-YA sempat saling sindir terkait program masing-masing. Saling sindir ini menimbulkan tawa dari pendukung yang hadir, mengingat AHM dan AGK merupakan seteru lama yang pernah bertarung dalam Pilgub 2013 lalu.(tr-01/kai)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan