Headline

Tanpa Messi Barca Tak Berdaya

Diposting pada 15/05/2018, 13:00 WIT
REKOR TERPATAHKAN: Pemain Barcelona tertunduk usai dikalahkan Levante, dini hari kemarin
REKOR TERPATAHKAN: Pemain Barcelona tertunduk usai dikalahkan Levante, dini hari kemarin

    VALENCIA – Levante memiliki julukan Granotas atau Si Katak. Nama lain yang jauh dari gambaran menakutkan dari klub asal Valencia tersebut. Tapi bukan berarti Si Katak tidak bisa menghancurkan lawannya.
    Juara La Liga 2017-2018 Barcelona kena apes di tangan Levante pada jornada ke-37 kemarin (24/5) di Stadion Ciutat de Valencia. Barca harus rela mengubur mimpi rekor tak terkalahkan semusim setelah takluk 4-5 dari Granotas. Kekalahan kemarin membuat rekor Blaugrana tak tersentuh kekalahan di La Liga terhenti di angka 43 pertandingan.
    Penaklukkan Barca oleh Levante kemarin jelas di luar dugaan. Usai bermain imbang 2-2 versus Real Madrid pada jornada ke-36 di Camp Nou 7 Mei lalu, media-media Spanyol memprediksi Barca akan menjalani musim dengan sempurna. Sebab di atas kertas, tiga lawan tersisa Barca berada di bawah levelnya. Yakni Villarreal (9/5), Levante (14/5), dan Real Sociedad (21/5).
    “Kami sama sekali tidak tampil solid, setiap mereka (Levante, red.) menyerang maka mereka akan mencetak gol. Kebobolan lima gol dalam satu pertandingan bukan sesuatu yang normal buat kami,” kata entrenador Barca Ernesto Valverde seusai pertandingan seperti dikutip Marca.
    Marca menambahkan ketiadaan sang bintang Lionel Messi menyebabkan Barca loyo. Meski diantara lima laga tanpa Messi musim ini di semua ajang, baru sekali yakni kemarin Barca kalah tanpa adanya.
    Meski berulang kali Valverde menyangkal kalau timnya tak mengalami Messidependencia atau ketergantungan kepada Messi, fakta di lapangan tak bisa dipungkiri.
    Misalnya ketika lawan Espanyol (4/2) dan Sevilla (31/3) di La Liga musim ini. Dalam Derbi Barceloni lawan Espanyol, sebelum suami Antonella Roccuzzo main Barca kalah 0-1. Masuk menggantikan Paco Alcacer menit ke-59, Messi berkontribusi assist buat gol Gerard Pique menit ke-82.
    Kemudian saat menghadapi Sevilla, Messi masuk menit ke-58 menggantikan Ousmane Dembele, satu menit jelang laga usai Messi membuat gol yang membuat Barca bermain imbang 2-2 di kandang Sevilla itu.
    ESPN juga memberikan nilai tiga kepada Valverde untuk opsi rotasi Messi kemarin. “Mengakhiri musim tanpa kekalahan adalah mahkota Barca. Apalagi rival terbesar mereka, Real Madrid, masuk final Liga Champions tahun ini dan berpeluang meraih hat-trick juara,” tulis ESPN.
    Kalau seandainya Messi disimpan tenaganya untuk laga persahabatan tengah pekan ini atau Kamis (17/5) mendatang lawan klub Afsel Mamelodi Sundowns di FNB Stadium Johannesburg, maka Valverde benar-benar jadi bahan olok-olok. Laga persahabatan itu dilakukan dalam rangka peringatan ulang tahun ke-100 tokoh penting Afsel Nelson Mandela.
     Gelandang Barca Sergio Busquets kepada beIN Sports kemarin mengatakan satu kekalahan di La Liga musim ini tidak merusak kisah perjalanan gemilang Barca musim ini. Dimana selain merebut mahkota La Liga dari Real, Barca juga kampiun Copa del Rey.
    “Akan sangat sulit bagi sebuah tim untuk melakukan comeback pasca kebobolan lima gol dalam sebuah pertandingan. Kami sudah melakukan hal terbaik yang bisa dilakukan,” ucap Busquets. (jpg/yun))

 

Share
Berita Terkait

Zamroni Dipanggil Perkuat PSPS Riau

07/03/2018, 13:12 WIT

Rais Siap Bersaing Rebut Tempat

19/02/2018, 12:35 WIT

Puas Meski yang Ketiga

03/02/2018, 23:05 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan