Headline

Egy Jadi Inspirasi Anak-anak Sumut

Diposting pada 16/05/2018, 09:36 WIT
EGY Maulana Vikri
EGY Maulana Vikri

EGY Maulana Vikri menjadi pemain muda asal Indonesia yang sukses menembus Eropa setelah resmi bergabung dengan klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Kesuksesan Egy tersebut lantas menjadi inspirasi bagi anak-anak di Sumatera Utara.
AM Manajemen bersedia membantu mewujudkan mimpi anak-anak Sumut agar mencapai karier seperti Egy Maulan Vikri. Mereka pun mengadakan program seleksi From North Sumatra to Belgium.
Sebanyak 296 pesepak bola muda Medan akan mengikuti seleksi yang bakal berlangsung hingga Juni 2018. Ada enam daerah di Sumut yang menjadi tempat seleksi. Keenam daerah itu adalah Medan, Tebingtinggi, Kisaran, Padangsidimpuan, Sibolga, dan Dairi serta Sidikalang.
"Kerja sama dengan AM Manajemen ini intinya sebagai bentuk kepedulian terhadap sepak bola Sumut. Jadi kami selenggarakan di enam daerah," kata Hendriyana, Koordinator Seleksi Program From North Sumatra to Belgium.
Tahapan scouting menggunakan metode 7 vs 7 atau 5 vs 5. Dari situ diharapkan para pemandu bakat bisa menjaring kemampuan peserta dengan kriteria daya tahan fisik, koordinasi permainan, dan kecepatan dalam bertanding.
Nantinya yang terpilih akan dibagi ke dalam 6 tim yang diadu dalam turnamen di Medan. Enam tim dibagi ke dalam 2 grup. Dua tim teratas lolos ke fase knock out. Hasil dari turnamen ini menghasilkan 30 pemain yang puncaknya diboyong ke Belgia untuk mengikuti pelatihan.
Seleksi ini dimulai pada 2 Mei sampai 25 Juni 2018. Nantinya ditutup dengan festival, bazar, games, dan penyerahan hadiah kepada para pemenang. Di penghujung acara selain dihadiri Del Piero, juga turut dimeriahkan penyanyi Virzha Idol.
Egy Maulana Vikri sendiri saat ini sudah bersama dengan Lechia Gdansk untuk menyiapkan diri menyambut musim depan. Egy baru bisa bermain di tim tersebut setelah usianya genap 18 tahun. Egy memang bukan satu-satunya pemain muda Indonesia yang diminati klub-klub Eropa. Ada sejumlah pemain Timnas U-19 lainnya yang disebut berada dalam pantauan klub-klub Benua Biru tersebut.
Egy dipastikan bakal merumput di kompetisi Eropa. Awal Juli 2018, pemain yang kerap disebut sebagai Lionel Messi Indonesia ini bergabung dengan Lechia Gdansk, klub liga tertinggi di Polandia.
"Sebetulnya, ada empat pemain muda yang diincar klub-klub luar. Selain Egy, ada Witan Sulaiman, Hanis Saghara, dan Rahmat Irianto," ujar eks Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri.
Menurut Indra, minat klub-klub Eropa ini bermula dari keikutsertaan Timnas U-19 pada turnamen di Toulon Prancis pada medio 2017 silam. Kendati gagal meraih kemenangan, Garuda Jaya sukses menunjukkan permainan memikat yang berbuah banjir pujian.
"Keberanian saya membawa tim ini beruji coba di Toulon terbayar. Para pemandu bakat tim-tim luar, khususnya Eropa, melihat kemampuan para pemain muda Indonesia," tuturnya.
Kendati belum bisa dipastikan apakah mereka segera menyusul Egy ke Eropa, Indra menyebut Witan dan kawan-kawan tetap berada dalam radar klub-klub Eropa yang meminati tersebut. Klub-klub tersebut masih memantau mereka.
Saat ini, dua di antara tiga pemain tersebut, Hanis dan Rian, telah terikat kontrak dengan klub Indonesia. Saghara bergabung dengan Bali United, sedangkan Rian bergabung dengan Persebaya Surabaya. Hanya Witan Sulaiman yang masih belum terikat kontrak dengan tim profesional. "Namun, saya yakin, jika ada klub-klub luar yang meminatinya, mereka akan dilepas," tutup Indra. (asa/yun)

 

Share
Berita Terkait

Zamroni Dipanggil Perkuat PSPS Riau

07/03/2018, 13:12 WIT

Puas Meski yang Ketiga

03/02/2018, 23:05 WIT

Rais Siap Bersaing Rebut Tempat

19/02/2018, 12:35 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan