Headline

Hamid Balik Serang Edi Langkara

Diposting pada 13/06/2018, 12:35 WIT
Hamid Usman
Hamid Usman

TERNATE – Sekretaris DPD I Partai Golkar Maluku Utara Hamid Usman membantah keraguan Wakil Ketua Bidang Organisasi Golkar Malut Edi Langkara. Sebelumnya, Edi mempertanyakan status M. Iqbal Ruray, yang ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Ketua DPD II Kota Ternate, dalam struktur kepengurusan partai berlambang beringin itu.
Kepada Malut Post, Hamid menegaskan jika Iqbal telah terdaftar sebagai pengurus DPD I Golkar sejak 2016 lalu. Karena itu, pernyataan Edi yang menyebutkan penunjukan Iqbal sebagai Plt menggantikan Abdul Gani Sangadji amat lah keliru. ”Iqbal itu menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPD I Golkar Malut Bidang Penggalangan Massa dan Opini yang di-SK-kan oleh DPP dengan nomor 160/DPP/Golkar/IX/2016. Jadi kalau disebut (penunjukannya) menyalahi aturan, itu keliru. Ini sesuai aturan," bantah Hamid, Selasa (12/6).
Hamid bahkan menuding Edi tak membaca SK kepengurusan. Karena itu, Bupati Halmahera Tengah tersebut dengan enteng mengeluarkan pernyataan semacam itu. ”Jika Iqbal tidak masuk dalam pengurus, maka tidak mungkin ditunjuk sebagai Plt. Ini karena mereka tidak pernah baca SK pengurus. Aturannya memang Plt itu harus masuk dalam struktur partai. Itu aturan bakunya sesuai dengan AD/ART partai," tegasnya.
Sebelumnya, Edi yang juga Kepala Staf Pemenangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-Rivai) itu menyampaikan keberatannya atas pergantian ketua DPD II Kota Ternate. Apalagi Iqbal yang ditunjuk sebagai ketua baru menurut Edi bukanlah seorang pengurus DPD I. Politisi senior Golkar itu juga menuding Hamid dan Ketua DPD I Alien Mus sebagai oknum yang kerap memecah belah partai dengan kebijakan-kebijakan sepihak mereka.
Terpisah, Plt Ketua DPD II Kota Ternate M. Iqbal Ruray saat dikonfirmasi menyatakan penunjukan dirinya merupakan keputusan DPD I. "Ini keputusan DPD I yang tidak bisa ditolak, karena ini perintah, bukan atas kehendak saya atau kemauan saya. Saya tidak ada urusan dengan jabatan yang hanya bersifat sesaat itu. Karena perintah maka saya jalankan," katanya kemarin.
Wakil Ketua DPRD Kota Ternate ini juga menegaskan jika dirinya sudah lama mengantongi SK kepengurusan DPD I. Ia bahkan menantang Edi jika rekan separtainya itu ingin melihat SK miliknya. ”Ada SK-nya, silahkan kalau mau dilihat. Saya tidak mau perdebatkan masalah ini. Kalau Edi merasa tidak puas, silahkan saja. Ada SK-nya bisa saya perlihatkan. Dan di pengurus DPD I itu jabatan saya sebagai Wakil Ketua Penggalangan Massa dan Opini," ungkapnya.
Iqbal menambahkan, keputusan mengganti Abdul Gani Sangadji lantaran yang bersangkutan sedang berhalangan menjalankan agenda-agenda partai. ”Dirinya sakit makanya saya gantikan posisi itu. Kalau yang lain merasa tidak puas lalu mau mengambil jabatan itu, silahkan saja. Yang penting jabatan saya pegang ini atas amanat yang diberikan dari DPD I," pungkasnya.
Sementara itu, Ketua DPD I Golkar Malut Alien Mus belum memberikan komentar apapun terkait kisruh internal partai yang dipimpinnya. Alien yang juga Ketua DPRD Malut itu saat dihubungi lewat sambungan telepon tak memberikan tanggapan meski nomor ponselnya dinyatakan aktif.(tr-01/cr-05/udy/kai)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan