Selasa, 18 September 2018

 Headline

Peminat dari Luar Zona Lampaui Kuota

Diposting pada 11/07/2018, 09:32 WIT
PENDAFTARAN ONLINE: Para calon siswa saat mendaftar secara online yang dibantu operator sekolah memasukkan datanya ke aplikasi PPDB
PENDAFTARAN ONLINE: Para calon siswa saat mendaftar secara online yang dibantu operator sekolah memasukkan datanya ke aplikasi PPDB

TERNATE – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Ternate telah dimulai. Pantauan MAlut Post, di hari pertama kemarin (10/7), sekolah pelaksana PPDB Online  lebih ramai. Seperti di SMPN 2 Kota Ternate, calon siswa dan orangtuanya sudah memadati tempat pendaftaran sebelum dibuka pada jam 7 pagi. Sebelum mendaftar, panitia langsung memeriksa kelengkapan persyaratan yang harus dibawa, jika ada yang tidak lengkap langsung dikembalikan dan diminta melengkapinya.  
Di hari pertama, jumlah pendaftar sudah mencapai kuota yang ditetapkan, yaitu 288 siswa. “Ini belum termasuk jalur prestasi dan luar zona yang belum ada peminatnya,” kata Kepala Sekolah SMPN 2, Isman Do Idris saat ditemui Malut Post. Dengan begitu, angka tersebut telah melewati kuota untuk zona (lingkungan sekolah) yang hanya diberikan kepada 245 siswa.    
Meski begitu, Isman mengaku tetap menerima pendaftaran hingga 12 Juli. Nantinya, sistem seleksi dilakukan secara langsung oleh sistem yang telah diprogramkan berdasarkan jumlah nilai tertinggi. Dengan begitu, yang lolos adalah nilai tertinggi bukan berdasarkan waktu mendaftar.  
Kepadatan juga terlihat di halaman SMPN 1 Kota Ternate. Hingga jam 12 siang, para siswa dan orang tua masih antre  untuk memasukkan data ke dua operator sekolah yang sudah disiapkan.
Di sekolah ini, masih saja ada siswa dari luar zona yang mendaftar namun tidak memenuhi syarat untuk jalur prestasi maupun jalur di luar zona karena di luar zona hanya untuk siswa dari luar Ternate. Sedikitnya ada 3 siswa yang dikembalikan berkasnya dan disarankan  mendaftar di SMPN 7 yang tepat dengan tempat tinggalnya.
Kepsek SMPN 1, Mustamin Hamzah mengaku langkah itu dilakukan karena komitmen terhadap aturan. Sementara pendaftar di sekolah ini di hari pertama sudah melampaui kuota, yaitu 230 siswa sedangkan kuotanya hanya 288. “ Jalur prestasi 11 orang tapi jalur  luar zonasi belum ada,” tambahnya  seraya mengaku penerimaan akan tetap dibuka hingga 12 Juli nanti.

Sementara untuk SMPN 6 Kota Ternate, pendaftarnya baru 122 siswa  ini termasuk 9 siswa dari luar zona
zonasi luar dan 2 dari jalur prestasi. “Kalau prestasi semua dari Olimpiade Sains Nasional ( OSN),”kata Kepsek, M Ahda Sillia.  
Pendaftar yang belum memenuhi kuorta juga ada di SMPN 5 Kota Ternate,yaitu baru 140 pendaftar dari kuota yang disiapkan sebanyak 244. Kepsek, Abdullah Pelupessy mengungkapkan dari pendaftar itu, 1 dari jalur prestasi 6 siswa dari luar zona. “Luar Zona ini rata-rata dari Halmahera,” katanya. Sedangkan jalur prestasi, siswanya pernah mewakili Malut di tingkat Nasional, karena itu Abdullah mengaku bangga meski hanya satu orang. “saya berdoa bisa dapat ssiwa berprestasi, akhirnya dapat,”pungkasnya.
Di SMPN 3 juga belum capai kuota. Peminat di hari pertama baru 132 siswa, Di dalamnya ada  6 siswa dari jalur prestasi dan 1 dari luar zonasi. Kepsek Mansur Yusuf berharap, di hari kedua dan ketiga nanti pendaftarnya akan bertambah sehingga kuota yang ditargetkan bisa terpenuhi. Sementara itu di SMPN 4 Kota Ternate, pendaftar dari luar zona sebanyak 30 pendaftar. Dilihat dari pembagian kuota khusus ini maka sudah melampaui angka yang ditetapkan. Yaitu, 5 persen atau hanya 14 orang dari kuota seluruhnya yaitu 288. Sementara total pendaftar baru 231 siswa dan untuk jalur prestasi belum ada peminatnya.
Di SMPN 7 Kota Ternate, hingga pukul 15. 00 WIT, para siswa dan orangtua masih terlihat antre memasukkan datanya ke operator sekolah. Seperti, di SMPN 1 masih saja ada orangtua yang tetap mendaftar di sekolah yang bukan termasuk zonanya. Sementara untuk jumlah pendaftar, sudah mencapai 139 siswa, diantaranya ada 11 siswa dari luar zona sedangkan untuk jalur prestasi masih kosong.   
Minimnya peminat justru terlihat di sekolah pelaksana PPDB manual, seperti di SMPN 13 Kota Ternate. Pendaftar di hari pertama baru 49 siswa. Ketua Panitia PPDB, Said Salasa berharap peminatnya akan bertambah selama masa pendaftaran dibuka. “Hari ini (kemarin,red) masih sunyi, mungkin besok (hari ini) baru ada,” katanya.

Sementara terkait dengan peminat dari luar daerah (luar zona), Ketua Panitia PPDB Dikbud Kota Ternate, Iksan Husen mengaku, berdasarkan peminat yang telah mendaftar pada pra PPDB, sebanyak 220 siswa sedangkan untuk jalur prestasi hanya 16 siswa. Khusus untuk jalur dari luar daerah ini, jika dibandingkan dengan kuota yang tersedia di tujuh sekolah pelaksana PPDB online maka jumlahnya telah melampaui kuota yang ditetapkan. Sebab, total kursi yang disediakan untuk siswa dari luar sekolah di tujuah sekolah tersebut hanya 115.   (mg-01/nty).


Jumlah Pendaftar PPDB Online tingkat SMP

Sekolah                      Kuota      Pendaftar         Keterangan
SMPN 1 Kota Ternate    288        230            Jalur prestasi 11, Luar zona 0  
SMPN 2 Kota Ternate    288        288            Jalur prestasi 0, Luar zona 0
SMPN 3 Kota Ternate    192        132            Jalur prestasi 6, Luar zona 1  
SMPN 4 Kota Ternate    288        231            Jalur prestasi 0, Luar zona 30  
SMPN 5 Kota Ternate    224        140            Jalur prestasi 1, Luar zona 6  
SMPN 6 Kota Ternate    288        122            Jalur prestasi 2, Luar zona 9
 
SMPN 7 Kota Ternate    288        139            Jalur prestasi 0, Luar zona 11


Catatan :
Pendaftar dari luar Zona (luar Kota Ternate) yang terdaftar di Panitia PPDB Dikbud Kota Ternate: 220 siswa
Pendaftar Jalur Prestasi 16 siswa

 

 

Share
Berita Terkait

Besok, Bioskop XXI Mulai Beroperasi

15/05/2018, 12:58 WIT

Legu Gam Terancam tak Dilaksanakan

28/02/2018, 12:14 WIT

Investasi Bodong Makan Korban Lagi

16/04/2018, 12:26 WIT

Menhub Juga Ditipu Bawahan

31/08/2018, 12:43 WIT

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(83,99%)       :       (16,01%)

Dahlan Iskan