Minggu, 18 November 2018

 Headline

Oknum Petugas Rutan Ditangkap

Diposting pada 11/07/2018, 12:27 WIT
Nofli
Nofli

TERNATE – Belum juga tuntas pengungkapan narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Ternate, keterlibatan narkoba kembali mencoreng nama Kementerian Hukum dan HAM Maluku Utara. Kali ini, seorang petugas Rumah Tahanan Klas IIB Ternate dicokok petugas. Petugas berinisial KML itu ditangkap Senin (9/7) kemarin oleh Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Ternate.
Informasi yang dikantongi Malut Post, KML telah diamankan di Mapolres Ternate beserta barang bukti. Kasat Narkoba Polres Ternate Iptu Paultri saat dikonfirmasi kemarin (10/7) membenarkan adanya penangkapan tersebut. Meski begitu, kepolisian mengaku belum bisa menjabarkan lebih detail lantaran kasus tersebut masih dikembangkan. “Iya, adanya penangkapan oknum petugas rutan dengan inisal KML. Tapi kasus itu masih terus kita kembangkan untuk mengetahui tersangka lain. Yang jelas kita amankan juga barang bukti narkotika sabu lengkap dengan alat isap,” ungkap Paultri.
Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Malut, Nofli, saat dikonfirmasi juga membenarkan kejadian tersebut. Dia juga memastikan akan mengeluarkan sanksi tegas berupa pemecatan.
Dalam kasus narkoba sendiri, lanjut Nofli, pihaknya secara terus menerus telah memberikan peringatan kepada seluruh petugas dan pegawai Kemenkumham yang ada di Malut untuk tidak terlibat dalam peredaran, baik langsung maupun tidak langsung. “Saya sudah sampaikan, jangankan menjadi pengedar, pemakai saja kalau tes urine dan kedapatan positif akan saya pecat,” tegasnya saat ditemui usai menghadiri puncak perayaan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) di Duafa Center kemarin.
Dijelaskan Nofli, langkah yang akan diambil jika ada oknum yang terlibat dalam kasus narkoba sudah menjadi keputusan dan komitmen bersama dari pimpinan tertinggi, baik Presiden sampai ke Menteri hingga ke jajaran yang ada di daerah. Untuk itu, mereka tidak akan main-main dalam persoalan narkoba.
Sepanjang 2018, sambungnya, sebanyak dua petugas Kemenkumham Malut ditangkap karena narkoba. Selain KML, sebelumnya polisi juga menangkap oknum pegawai lapas dengan jabatan kepala seksi. “Kalau memang ada yang terlibat, saya tidak melakukan perlindungan ke mereka. Bahkan saya juga menyerahkan sepenuhnya ke proses hukum. Setelah itu barulah akan ditindaklanjuti oleh kami secara internal,” jabarnya. “Secara administrasi, mereka yang terlibat akan kami pecat, karena saya sudah bentuk tim untuk melakukan pemantauan.”
Dia menambahkan, sesuai laporan yang diterima para oknum yang terlibat ini memiliki obat untuk menetralisasi narkoba. Sehingga untuk sementara pihaknya terus melakukan pemantauan maupun evaluasi. “Jadi informasi yang saya terima itu, ada obat yang mereka makan dan setengah jam saja sudah bisa hilang (efek narkobanya). Tapi ini masih sebatas info yang saya terima, makanya kita akan tindak lanjut,” tegasnya.(tr-04/kai)

 

Share
Berita Terkait

Player CV Ubay Jaya Ditahan

08/03/2018, 13:02 WIT

Dana Ratusan Miliar Menguap

09/03/2018, 12:54 WIT

Ayah Perkosa Anak Kandung

15/02/2018, 09:18 WIT

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(83,29%)       :       (16,71%)

Dahlan Iskan