Headline

Seorang Pengedar Narkoba Ditangkap

Diposting pada 10/08/2018, 13:05 WIT
PUTUSAN: Salah satu terdakwa kasus narkoba ketika menjalani sidang di PN, kemarin (9/8).
PUTUSAN: Salah satu terdakwa kasus narkoba ketika menjalani sidang di PN, kemarin (9/8).

TERNATE – Personel Direktorat Reserse Narkoba Polda Malut berhasil mengamankan satu pelaku narkoba di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), kemarin (9/8). Pelaku ini diduga kuat sebagai pengedar yang memiliki jaringan besar. Hingga berita ini diturunkan, personel Polda masih mengembangkan penyidikan, guna memastikan siapa-siapa saja yang berkerja sama dengan pelaku narkoba yang baru ditangkap itu. Pelaku sementara ini menjalani pemeriksaan secara marathon. Meski begitu, Dir Narkoba Polda Kombes (Pol) Mirzal Alwi belum mau memberikan keterangan lebih jauh, termasuk siapa sebenarnya pelaku narkoba yang baru ditangkap itu. Ini demi mengantisipasi pelakunya melarikan diri.

 

Menurut Mirzal, personel Polda yang diutus ke Tobelo sebenarnya mengejar salah satu buronan narkoba berinisial CG. “Kami incar DPO (daftar pencarian orang), tetapi ternyata kami tangkap pelaku baru. Siapa tersangka baru ini akan saya sampaikan ke publik beberapa hari ke depan,” jelasnya.
Sekadar diketahui, belum lama ini Polda berhasil mengungkap kasus narkoba yang menangkap AG dan RD di Desa Gamsungi, Tobelo. Rekan keduanya berinisial CG berhasil melarikan diri dan sementara buron. Di tangan mereka, polisi mengamankan 5 paket besar sabu-sabu (SS) dan uang hasil transaksi Rp 2,2 juta. Barang haram itu diketahui didatangkan dari Balikpapan lewat jalur Makassar kemudian ke Tobelo.

Putusan untuk Terdakwa//sub
 Sementara itu, kemarin (9/8) hakim Pengadilan Negeri (PN) Ternate menyidangkan salah satu terdakwa narkoba, Muhammad Riski. Pada sidang dengan agenda tuntutan yang dipimpin hakim Rahmat Selang tersebut, terdakwa divonis 4 tahun penjara.  
Terdakwa juga diperintahkan untuk membayar denda sebesar Rp 800 juta, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka akan diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan. Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Amar putusan itu dibacakan hakim Rahmat Selang.
“Mengadili, menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana memiliki narkotika golongan satu. Menjatuhkan pidana kepada terdakwa dengan pidana penjara selama 4 tahun,” jelas hakim.
Menurut hakim, perbuatan terdakwa telah terbukti melanggar Pasal 111 ayat 1 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika sebagaimana dalam dakwaan alternatif ke satu jaksa penuntut umum. Hakim juga menetapkan barang bukti berupa satu linting narkotika jenis ganja kering dirampas untuk dimusnahkan. (cr-04/tr-04/lex)

 

Share
Berita Terkait

Player CV Ubay Jaya Ditahan

08/03/2018, 13:02 WIT

Dana Ratusan Miliar Menguap

09/03/2018, 12:54 WIT

Ayah Perkosa Anak Kandung

15/02/2018, 09:18 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan