Rabu, 19 Desember 2018

 Headline

Kepa Gurus Alisson dari Kiper Termahal

Diposting pada 10/08/2018, 12:49 WIT
KEPA Arrizabalaga
KEPA Arrizabalaga

LONDON - Chelsea telah menuntaskan transfer Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao. The Blues menjadikan penjaga gawang asal Spanyol itu sebagai kiper termahal di dunia. Chelsea mengumumkan tuntasnya transfer Kepa melalui situs resminya pada Rabu (8/8) waktu setempat, tak lama setelah si pemain melakukan teken kontrak.
"Chelsea Football Club dengan senang hati mengumumkan perekrutan Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao. Kiper Spanyol berusia 23 tahun itu datang menjelang musim baru Premier League dan telah menandatangani kontrak selama tujuh tahun di Stamford Bridge," tulis Chelsea.
Chelsea tak menyebutkan berapa biaya yang mereka keluarkan untuk mendatangkan Kepa. Namun, Kepa bisa pindah karena klausul rilisnya yang bernilai 80 juta euro (kurang lebih Rp 1,3 triliun) telah ditebus.
Dengan harga semahal itu, Kepa sekarang menjadi kiper paling mahal sepanjang sejarah. Ia lebih mahal daripada Alisson Becker, yang dibeli Liverpool dari AS Roma senilai 75 juta euro pada bulan lalu.
"Ini adalah keputusan yang sangat penting bagi saya, bagi karier dan juga kehidupan pribadi saya," tutur Kepa.
"Banyak hal yang membuat saya tertarik dengan klub ini, semua titel yang telah dimenangi, para pemain, kotanya, dan Premier League. Semuanya terakumulasi dan saya sangat senang Chelsea memutuskan untuk memercayai dan merekrut saya," katanya.
Kepa menjadi pemain Spanyol keenam di skuat Chelsea setelah Cesar Azpilicueta, Marcos Alonso, Cesc Fabregas, Pedro Rodriguez, dan Alvaro Morata. Ia akan jadi andalan baru Chelsea di bawah mistar setelah Thibaut Courtois hengkang ke Real Madrid.
Namun di sisi lain, Chelsea punya catatan tak bagus saat memboyong pemain Spanyol dengan harga selangit. Apakah Kepa Arrizabalaga bisa memutus "kutukan" tersebut?
Ditinggal Thibaut Courtois yang hijrah ke Real Madrid, Chelsea langsung bergerak cepat dengan memboyong Kepa dari Athletic Bilbao. Tapi, The Blues harus mengeluarkan uang banyak untuk menebusnya.
Baru saja memperpanjang kontrak dengan Bilbao Januari lalu, Kepa dihargai 80 juta euro (Rp 1,3 triliun) yang merupakan rilis pelepasannya. Alhasil, Kepa jadi kiper termahal dunia mengalahkan rekor Alisson Becker yang diboyong Liverpool dari AS Roma bulan lalu.
Tak cuma menjadikan Kepa kiper termahal, Chelsea juga mencatatkan rekor transfer termahal sepanjang sejarah klub atas nama pemain Spanyol. Sebelum Kepa, Chelsea membeli Fernando Torres dan Alvaro Morata dengan banderol mahal.
Saat memboyong Torres dari Liverpool pada Januari 2011, Chelsea harus mengeluarkan uang 50 juta pound yang membuatnya jadi pemain termahal Premier League saat itu. Sementara tahun lalu saat membeli Morata dari Madrid, Chelsea mengeluarkan uang 60 juta pound.
Sayangnya dua pembelian termahal itu tak berbanding lurus dengan kontribusi di atas lapangan. Torres memang berhasil memberikan gelar Liga Champions dan Liga Europa, tapi produktivitasnya menurun jauh dari saat berseragam Liverpool.
Selama 4,5 musim menjadi biru-biru, Torres "cuma" bikin 45 gol dari 172 penampilan. Catatan terbaiknya adalah 22 gol di musim 2012/2013 yang diraihnya dari 64 pertandingan atau rataan satu gol per tiga pertandingan. Torres akhirnya dilepas ke Atletico dua tahun lalu.
Sementara itu, Morata sebenarnya tampil menjanjikan di awal musim 2017/2018 ketika dia mampu bikin 10 gol saat Premier League memasuki bulan Desember. Tapi, cedera dan inkonsistensi penampilan membuat Morata cuma bisa menambah lima gol di sisa musim.
Performa itu membuat Morata disebut-sebut bakal dilego musim panas ini. Kini beban beralih ke pundak Kepa yang dituntut menggantikan sosok Courtois di bawah mistar. Fans Chelsea tentu berharap Kepa bisa membuat cerita berbeda ketimbang Torres dan Morata. Banyaknya pemain Spanyol di Chelsea akan sangat membantu proses adaptasi Kepa. So, kita tunggu saja! (dtc/yun)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(83,15%)       :       (16,85%)

Dahlan Iskan