Headline

Pora Jadi Saingan Raja Assist

Diposting pada 10/08/2018, 12:51 WIT
 RIZKY Pora
RIZKY Pora

BANJARMASIN – Winger Barito Putera, Rizky Rizaldi Pora sukses menambah jumlah assist meski timnya kalah saat dijamu Persipura di Stadion Mandala, Jayapura akhir pekan kemarin. Rizky Rizaldi Pora berhasil menjadi kreator satu-satunya gol Barito Putera pada laga pekan ke-19 Liga 1 2018 tersebut. Umpan manisnya sukses dimanfaatkan dengan baik oleh Samsul Arif Munip untuk berbubah gol pada menit keempat.
Pemain dengan nomor punggung 26 tersebut sukses mengamankan posisinya di persaingan raja assist Liga 1 2018. Dengan satu assist ini, Rizky Pora sukses menyamai torehan Dedi Hartono (Mitra Kukar) sebagai pemuncak. Keduanya sama-sama mencatatkan sembilan assist untuk timnya masing-masing.
Di sisi lain, pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago tengah kebingungan menjelang laga melawan Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga 1 2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Minggu (12/8) akhir pekan ini. Pasalnya, dia tidak bisa memainkan dua bek andalannya, Hansamu Yama dan Aaron Evans. Hansamu tengah bersiap untuk membela Merah Putih di ajang Asian Games 2018. Sementara itu, Evans mendapat larangan bertanding karena terkena kartu merah dalam laga melawan Persipura.
"Saya tidak persoalkan Hansamu absen karena kami punya pemain lain. Sekarang kondisinya, Hansamu dan Aaron tidak ada. Padahal selama ini mereka pemain kunci kami," kata Jacksen sebagaimana dilansir laman resmi Liga 1, Kamis (9/8).
Ketika Hansamu absen, Jacksen masih bisa memainkan Dandi Maulana Abdulhak atau Muhammad Rifqi sebagai partner Aaron di lini pertahanan. Kondisi ini tidak terlalu berpengaruh bagi pertahanan Barito Putera.
Kini, Hansamu dan Aaron absen dalam saat yang sama. Alhasil, stok bek tengah tim berjuluk Laskar Antasari itu otomatis berkurang. "Kami terus melakukan simulasi strategi dalam latihan. Semoga kami bisa mendapatkan hasil yang terbaik," kata Jacksen.
Sementara, Menjelang laga itu, Persebaya mengantongi modal apik dengan menang 3-1 atas Persela Lamongan (5/8). Sementara Barito Putera justru baru saja kalah 1-5 dari Persipura Jayapura. Meski demikian, pelatih interim Persebaya, Sugiantoro tidak ingin catatan itu menjadi perhatian khusus. Dia tetap ingin membuat anak asuhnya bekerja keras di laga tersebut.
"Barito tim yang bagus. Dari sisi klasemen, mereka di atas kami. Saya respek karena di sana ada Jacksen Tiago, saya tahu tiki-taka mereka seperti apa. Kalau kami bermain dengan kompak saat menyerang dan bertahan, tidak mungkin ada celah buat mereka untuk masuk ke area kami," ujar pelatih yang akrab disapa Bejo itu.
Barito punya catatan yang positif selama melakoni laga kandang. Klub berjulukan Laskar Antasari itu menjadi satu dari enam tim di Liga 1 dengan status tak terkalahkan di kandang.
Bejo memandang rekor ini sebagai tantangan buatnya. "Setiap pertandingan itu menjadi tantangan buat saya. Saat dulu masih di Persik dan sekarang di Persebaya, saya selalu ingin membuat saya pribadi semakin maju," ucap pria 41 tahun itu.
Namun, Barito memiliki catatan kurang apik dalam beberapa laga terakhir. Rizky Pora dkk. melewati lima pertandingan secara beruntun tanpa meraih kemenangan. Ditambah lagi, kekalahan 1-5 dari Persipura di pekan ke-19 (4/8) bisa membuat mental pemain masih menurun. Meski begitu, Bejo tidak ingin menganggap remeh kemampuan calon lawannya itu.
"Mereka tetap tidak bisa dianggap remeh. Ini sepak bola Indonesia. Faktor tuan rumah juga pengaruh, tapi Persebaya tidak akan menyerah untuk ambil poin di sana. Kalau bisa tiga poin, buat apa hanya satu," ujarnya. (bln/net/yun)

 

Share
Berita Terkait

Zamroni Dipanggil Perkuat PSPS Riau

07/03/2018, 13:12 WIT

Rais Siap Bersaing Rebut Tempat

19/02/2018, 12:35 WIT

Puas Meski yang Ketiga

03/02/2018, 23:05 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan