Selasa, 18 September 2018

 Headline

Container Crane Tiba di Pelabuhan A. Yani

Diposting pada 10/09/2018, 12:15 WIT
BARU TIBA: Kapal yang memuat container crane dari Korea merapat di Pelabuhan Ahmad Yani kemarin. ft suryani/malut post
BARU TIBA: Kapal yang memuat container crane dari Korea merapat di Pelabuhan Ahmad Yani kemarin. ft suryani/malut post

TERNATE - Satu unit container crane yang dikirim dari Korea, sudah tiba di Pelabuhan Ahmad Yani. Rencananya hari ini (10/9) akan dibongkar, dan setelah itu dilakukan pemasangan.

General Manager PT Pelindo IV cabang Ternate, Jubliadi Patangke mengatakan, container crane ini dibawa kapal Dongbang Giant. Nanti jika sudah beroperasi, alat ini bisa membongkar 25 box container per jam. “Alat ini digunakan untuk membongkar dan memuat kontainer, dengan kecepatannya dua ampai tiga kali dibandingkan menggunakan derek biasa,” jelasnya. Dia berharap produktivitas bongkar-muat di Pelabuhan Ahmad Yani akan meningkat.

Dia menambahkan tahun depan akan tiba dua unit RTJ (Rubber Tyed Gantry), agar kedepan pelabuhan Ternate statusnya naik dari pelabuhan konvensional menjadi terminal peti kemas. Dengan adanya modernisasi ini, Pelabuhan Ahmad Yani bisa menjadi pelabuhan ekspor-impor di Malut
Sementara Project Manager Peralatan Pelabuhan, Andar Irwansyah menuturkan,  pada prinsipnya sebelum pengiriman  container crane dari Korea,  sudah melewati serangkaian tes. “Sebelum alatnya dikapalkan sudah diuji semua fungsinya dan termasuk mengangkat beban,” tuturnya.

Dalam waktu dekat container crane ini akan difungsikan, namun harus diawali dengan uji coba dan penambahan bahan bakar.


Lanjutnya, total ada 4 unit container crane yang diangkut kapal Dongbang Giant, satu di Ternate tiga lagi di Ambon, Kendari dan Makassar. Harganya mencapai USD 10 juta atau sekitar Rp 140 miliar.  (mg-02/onk).

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(83,99%)       :       (16,01%)

Dahlan Iskan