Minggu, 18 November 2018

 Headline

Sayap Lion Patah (Lagi)

Diposting pada 08/11/2018, 12:47 WIT
PATAH: Penampakan pesawat Lion Air JT 633 yang sayapnya patah usai menabrak tiang lampu di Bandara Fatmawati Bengkulu, Rabu (7/11) sore. Akibat insiden tersebut, pesawat ini batal terbang
PATAH: Penampakan pesawat Lion Air JT 633 yang sayapnya patah usai menabrak tiang lampu di Bandara Fatmawati Bengkulu, Rabu (7/11) sore. Akibat insiden tersebut, pesawat ini batal terbang

JAKARTA - Pesawat Lion Air JT 633 menabrak tiang lampu Bandara Fatmawati Bengkulu, sehingga sayap kiri mengalami kerusakan. Kejadian itu terjadi sore kemarin (7/11) sekitar pukul 18.00 WIB.
Romidi Karnawan, penumpang Batik Air yang sempat berada di Bandara Bengkulu menyebut tidak ada korban dalam insiden ini. Kendati, penerbangan pesawat yang ditumpanginya sempat terganggu, akibat terhalang pesawat Lion Air yang mengalami kecelakaan itu. "Setahu saya tidak ada korban jiwa, tadi saya naik ke pesawat, penumpang Lion Air turun," kata dia dalam wawancara langsung dengan CNN, Jakarta kemarin.
Romidi sebelumnya menyebutkan dirinya tidak mengetahui persis apakah pesawat yang mengalami kecelakaan itu melakukan penerbangan atau tidak. "Pas pesawat saya mau terbang, pesawat Lion Air diparkirkan, saya gak tahu apakah diterbangkan atau tidak."
Dia mengaku pesawat Batik Air yang ditumpanginya itu sempat mengalami penundaan sekitar satu jam di Bandara Fatmawati. Namun, ia kini sudah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.
Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan bahwa pesawat tersebut mengalami keterlambatan terbang, karena menyenggol tiang lampu pada ujung sayap sebelah kiri. Peristiwa yang sempat membuat penumpang berhamburan keluar itu terjadi ketika pesawat hendak bersiap menuju landas hubung (taxiway). “Ujung sayap sebelah kiri (wing tip) menyenggol tiang lampu koordinat di bandar udara,” kata Danang kepada Jurnas.com.
Danang menuturkan, saat ini Lion Air JT 633 sudah berada di landas parkir. Sementara penumpang diarahkan kembali menuju ruang tunggu terminal. Adapun penerbangan JT 633 yang rencananya berangkat malam ini, diganti dengan menggunakan pesawat yang didatangkan dari Jakarta. “Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul,” ujarnya. Untuk memastikan kerusakan, Danang mengatakan manajemen telah mengirim tim ke Bandara Fatmawati guna pemeriksaan terhadap pesawat tersebut.
Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, M. Pramintohadi Sukarno memastikan jika Ditjen Perhubungan Udara segera melakukan investigasi menyusul insiden pesawat Lion Air yang menyenggol tiang di Bandara Fatmawati Bengkulu. Saat ini pesawat dan pilot telah di-grounded untuk keperluan investigasi.
Usai kejadian ini segera dilakukan investigasi oleh Inspektur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Inspektur Bandar Udara dan Inspektur Navigasi Penerbangan guna melihat penyebab kejadian dan langkah tindak lanjut yang tepat. “Kami telah menerima laporan awal dari Kepala Bandara Fatmawati Bengkulu bahwa sayap pesawat Lion Air JT 633 yang akan berangkat dari Bandara Fatmawati Bengkulu menuju Bandara Soekarno Hatta menyenggol tiang parking stand 3 yang berada di depan gedung VIP Bandara tersebut sehingga sayap pesawat sebelah kiri mengalami kerusakan”, jelas Pramintohadi, Rabu (7/11/2018). “Kami telah menginstruksikan kepada Kabandara untuk memastikan maskapai penerbangan memenuhi kewajiban sesuai ketentuan dengan memberikan kompensasi atas keterlambatan penerbangan kepada penumpang.”(cnn/jur/lip6/kai)

 

Share
Berita Terkait

Buka Lowongan CPNS 200 Ribu

06/03/2018, 12:17 WIT

Rekrutmen CPNS Dibuka Juli

13/03/2018, 11:04 WIT

Remunerasi PNS Terancam Dihapus

09/03/2018, 12:36 WIT

Hari Ini PNS Wajib Kerja Lagi

21/06/2018, 10:15 WIT

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(83,29%)       :       (16,71%)

Dahlan Iskan