Rabu, 12 Desember 2018

 Headline

Anggap DPT Pemilu 2019 Belum Valid

Diposting pada 06/12/2018, 12:11 WIT
 MUKSIN Amrin
MUKSIN Amrin

TERNATE - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) meminta semua pihak untuk mengawasi proses verifikasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP)  ke-3 yang sedang dilakukan di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Lembaga yang dinahkodai Muksin Amrin dan empat komisioner lainnya tersebut juga meminta semua pihak untuk memberikan informasi dan juga mengawasi. “Jika ada yang sudah memenuhi syarat tetapi belum masuk dalam DPT, harus sampaikan agar kami rekomendasikan ke KPU," ujar Ketua Bawaslu Malut Muksin Amrin, Rabu (5/12).
Agar DPT berkualitas, dia juga menyarankan masyarakat melaporkan jika ditemukan ada pemilih yang belum layak menjadi pemilih tetapi terdaftar dalam DPT. "Meskipun sudah ditetapkan, sejatinya KPU masih menerima usulan perbaikan, termasuk diseminasi kabupaten/kota yang sedang disisir," ungkapnya.
Sesuai  jadwal, DPTHP ke-3 akan ditetapkan pada tanggal 5-10 Desember. “Jadi belum ada DPT yang pasti soal angka karena masih terjadi perbedaan data,” ucapnya.
Menurut Muskin, masih terdapat perbedaan data pemilih yang sudah melakukan perekaman e-KPT. Artinya, belum ada sinkronisasi data KPU dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.  
Dia mencontohkan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), KPU menetapkan DPT 157.002 sementara data perekaman Dukcapil per Oktober terdapat 137 ribu jiwa yang melakukan perekaman. "Setelah ditelusuri ternyata masih banyak kecamatan dengan rentang kendali di Halsel yang belum dapat dijangkau oleh Dukcapil. Bawaslu telah berkoordinasi dengan Dukcapil agar persoalan ini segera diselesaikan,” bebernya. (tr-01/jfr)

 

Share
Berita Terkait

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

Bur-Jadi dan MK-Maju Gugat KPU

15/02/2018, 09:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(83,20%)       :       (16,80%)

Dahlan Iskan