Kamis, 20 Juni 2019

 Headline
MALUT POST / POLITIK / Dikbud: Jangan Pecat Pelaku Video Mesum

Dikbud: Jangan Pecat Pelaku Video Mesum

Diposting pada 05/01/2019, 12:58 WIT
Imran Jakub
Imran Jakub

SOFIFI – Beredarnya video mesum yang diduga melibatkan siswa SMK di Ternate rupanya tak diketahui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Utara. Kepala Dinas, imran Jakub, yang dikonfirmasi tampak kaget. Dia mengaku adanya video tak pantas itu baru diketahuinya dari awak media. “Saya sendiri baru tahu kalau ada kasus ini dari wartawan yang konfirmasi," katanya saat dikonfirmasi Malut Post, Jumat (4/1).
Meski begitu, Imran meminta pihak sekolah tidak mengambil langkah pemberhentian terhadap kedua pemeran video. Jika itu dilakukan, kata dia, akan memutus masa depan keduanya. "Sekolah harus bijaksana dalam mengambil keputusan. Kasus seperti ini bukan hal baru, berbeda dengan kasus penggunaan atau peredaran narkoba," terangnya.
Dia mengatakan, sekolah dan orang tua harus berperan aktif melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap kedua siswa tersebut. Menurutnya, kasus seperti itu bukan hal baru dan banyak terjadi di kalangan siswa. Tak hanya di Malut, juga provinsi lain. “Tapi itu sebagai bagian dari kenakalan remaja,” katanya.
Imran justru menyesalkan tindakan teman pelaku yang menyebarluaskan video tersebut. Perbuatan itu, kata dia, secara tidak langsung membunuh siswa itu sendiri. “Sebab dari sisi psikologis, siswa itu akan terganggu, bahkan kronisnya memilih berhenti sekolah. Ini yang kita tidak inginkan. Padahal mungkin saja siswa ini pandai dan punya masa depan, jika dilakukan pembinaan,” ujarnya.
Hari ini rencananya Imran akan menemui kepala sekolah untuk membicarakan hal tersebut. “Serta bertemu dengan orang tua untuk meminta agar anaknya tetap disekolahkan dan dibuat pendampingan atau pembinaan khusus," tukasnya.(udy/kai)

 

Share
Berita Terkait

Jokowi-Ma’ruf di Atas Angin

18/04/2019, 14:36 WIT

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

SS DPR RI Diduga Disembunyikan

18/04/2019, 14:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan