Senin, 19 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / / Dianiaya Istri, Suami Loncat ke Sumur

Dianiaya Istri, Suami Loncat ke Sumur

Diposting pada 18/01/2019, 13:03 WIT
Ilustrasi sumur/Foto Istimewa
Ilustrasi sumur/Foto Istimewa

SANANA – Entah apa yang ada di benak Gamar Umamit. Oknum ASN di Kepulauan Sula itu tega menyiksanya suaminya sendiri, Darma Rengkuhan Umanahu, yang tengah terserang stroke. Tak kuat dengan siksaan tersebut, Darma pun mencoba mengakhiri hidupnya dengan meloncat ke dalam sumur.
Peristiwa tersebut terjadi September 2018 lalu di desa Falabisahaya, kecamatan Mangoli Utara, Kepsul. Akibat kejadian tersebut, Gamar dilaporkan ke polisi dan saat ini kasusnya tengah disidangkan.
Kepolisian setempat mengungkapkan, Gamar diketahui memukuli wajah suaminya berulang kali hingga berdarah. Tak kuat dianiaya perempuan yang dinikahinya puluhan tahun silam itu, Darma pun meloncat ke dalam sumur tak jauh dari rumah mereka. “Mungkin karena dianiaya terlalu sakit sehingga dia sendiri yang menceburkan diri ke sumur. Itu menurut pengakuan anaknya," kata Kapolsek Mangoli Utara Iptu Syafruddin, Kamis (17/1).
Selasa (15/1) kemarin, Gamar dihadirkan sebagai pesakitan di Pengadilan Negeri Sanana. Sidang yang dipimpin hakim tunggal Ridho Akbar itu beragendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).
Dalam dakwaan yang dibacakan JPU Wiwiek, Gamar dijerat dengan Pasal 44 Ayat (2) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Pasal tersebut menjelaskan, dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada pasal 1 mengakibatkan korban mendapat jatuh sakit atau luka berat, diancam dengan pidana penjara paling lama 10 tahun atau denda paling banyak Rp 30 juta.
Usai mendengar dakwaan jaksa, Gamar yang mengenakan pakaian tahanan hanya tersenyum santai. Sementara Hakim Ridho memintanya menggunakan pengacara karena ancaman hukumannya di atas 5 tahun. “Ancaman hukumannya cukup berat, tetapi terserah anda (mau pakai pengacara atau tidak)," kata Hakim.
Sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.(ikh/kai)

 

Share
Berita Terkait

Tiga Pejabat Dicopot

22/02/2018, 11:59 WIT

Prabowo-Sandi Unggul di Lapas Sanana

18/04/2019, 12:56 WIT

Hendrata: 11 ASN Tetap Dipecat

26/03/2018, 12:33 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan