Rabu, 24 April 2019

 Headline

KH Maimun Salah Doakan Jokowi

Diposting pada 04/02/2019, 12:32 WIT
Presiden Joko Widodo saat bersilaturahim dengan pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Kiai Haji Maemoen Zubair di Rembang, Jawa Tengah, Jumat (1/2/2019).
Presiden Joko Widodo saat bersilaturahim dengan pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Kiai Haji Maemoen Zubair di Rembang, Jawa Tengah, Jumat (1/2/2019).

JAKARTA- Ulama Nadhatul Ulama (NU) Kiai Haji Maimun Zubair sempat salah ucap saat melafalkan doa untuk calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), di Rembang.  
Saat itu, Mbah Moen panggilan akrab KH Maimun Zubair salah menyebut nama Prabowo Subianto yang seharusnya Jokowi dalam doanya.
Saat momen salah sebut tersebut, Jokowi sedang berada tepat di samping Mbah Moen dan sedang menengadahkan tangannya memanjatkan doa.
Diketahui, saat itu Jokowi sedang bersilaturahmi dengan Mbah Moen di Pondok Pesantren Al-anwar Kelurahan Karangmangu Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Mbah Moen saat itu tampak sedang melafalkan doa untuk menutup acara kunjungan Jokowi ke pesantren tersebut.
Mbah Moen saat itu membacakan doa dengan melihat sebuah kertas yang sudah ia persiapkan sebelumnya.
Mendengarkan doa yang dipanjatkan oleh Mbah Moen, Jokowi duduk dengan menengadahkan kedua tangannya dan menunduk khusuk.
Dilafalkan dengan Bahasa Arab, saat itu diakhir doa terdengar nama 'Pak Prabowo' diucapkan oleh Mbah Moen.
Momen salah sebut tersebut tak membuat hadirin atau Jokowi bereaksi.
Semua orang yang ada di sana termasuk Jokowi tampak terus khusuk mendengarkan lafalan doa dari Mbah Moen sampai doa tersebut usai dibacakan. Barulah setelah selesai, Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan, Rommahurmuzy, tampak mendekati Mbah Moen dan membisikkan perkataan kepada Ulama NU tersebut.
Namun tak diketahui apa yang diucapkan oleh Rommahurmuzy kepada Mbah Moen. Jokowi juga tampak memperhatikan saat Ketua PPP tersebut membisikkan sesuatu kepada Mbah Moen.
Dijelaskan oleh Rommahurmuziy, Mbah Moen langsung berbicara dan nampak seperti memanjatkan doa lagi.
Hal itu terlihat saat Jokowi yang sedari tadi sudah menurunkan tangannya lantaran doa sudah selesai, kembali menegadahkan tangannya.
Namun saat Mbah Moen memanjatkan doa kedua kalinya itu, pengeras suara miliknya ternyata mati, sehingga tidak terdengar apa yang diucapkan oleh Mbah Moen.
Barulah setelah Rommahurmuzzy selesai menyalakan microphone tersebut, Mbah Moen menjelaskan dan mengoreksi kesalahan yang dibuatnya. "Alaa (untuk) Pak Prabowo, laa (tidak) Pak Prabowo, menawa (Tetapi) Pak Jokowi, Pak Jokowi Widodo," ucap Mbah Moen memberikan penjelasan. "Alliwah (menunjukkan) ikhtiyaarii (pilihanku)," lanjutnya.
Ia kemudian meminta maaf lantaran salah menyebut nama Jokowi dan justru mengatakan Prabowo. "Jadi saya kalau luput sudah tua, saya umur 90 lebih, jadi saya dengan ini saya untuk pribadi siapa yang di samping saya enggak ada kecuali Pak Jokowi," jelas Mbah Moen kemudian.
Sembari menjelaskan kepada semua hadirin yang datang dalam acara itu, Mbah Moen juga tampak sesekali memandang Jokowi yang ada di sampingnya.
Menanggapi penuturan dari Mbah Moen, Jokowi terlihat menganggukkan dan menundukkan kepala tanda mengiyakan penjelasan dari Mbah Moen. Muncul Hashtag di Twitter
Pengguna Twitter banyak mengunggah potongan video saat Mbah Moen sempat salah menyebut nama Prabowo dalam doanya.
Dengan Tagar 'KyaiMaimoenDoakanPrabowo' banyak dicuitkan oleh pengguna Twitter.
Hingga Sabtu pukul 16.00 WIB, sudah ada 68,8 ribu cuitan dengan tagar tersebut. Dikutip dari Kompas.com, Mbah Moen membeberkan pilihannya di ajang Pilpres April 2019.
Awalnya Mbah Moen tampak mengapresiasi dua tokoh yakni Jokowi dan Prabowo yang mencalonkan diri dalam pemilihan Presiden. "Saya hanya mengucapkan mencalonkan diri jadi pimpinan itu hukumnya wajib. Kalau enggak ada yang dipilih, kan kosong," ujar Mbah Moen.   "Jadi, kepada Pak Jokowi, Pak Prabowo, saya ucapkan, itu suatu pahala yang besar," lanjutnya. Setelahnya, Mbah Moen membeberkan siapa yang akan dia pilih saat Pilpres April mendatang. "Banyak yang menunggu- nunggu, saya pilih siapa? Yang dekat saya saja. Jadi yang dekat saya malam ini, Jumat Pahing," kata Mbah Moen seperti dilansir tribunwow.com.

Mbah Moen terlihat mencondongkan badannya ke arah Jokowi yang duduk di sisi kirinya saat berbicara demikian.
Ia juga secara tegas menjelaskan bahwa pilihannya tersebut merupakan pilihan pribadi tanpa ada campur tangan lainnya. (tbn/mpf)

Share
Berita Terkait

Prabowo-Sandi Kuasai Indonesia Timur

21/03/2019, 12:32 WIT

2019, Tukin PNS Bisa Naik

08/12/2018, 11:11 WIT

Buka Lowongan CPNS 200 Ribu

06/03/2018, 12:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(82,46%)       :       (17,54%)

Dahlan Iskan