Senin, 19 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / POLITIK / Bawaslu RI Dalami Dukungan 6 Kada

Bawaslu RI Dalami Dukungan 6 Kada

Diposting pada 11/02/2019, 13:10 WIT
Ketua Bawaslu RI, Abhan saat memberikan keterangan pers usai mengisi materi bimtek di Grand Dafam Bela Ternate, Minggu (10/2).
Ketua Bawaslu RI, Abhan saat memberikan keterangan pers usai mengisi materi bimtek di Grand Dafam Bela Ternate, Minggu (10/2).

TERNATE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) akan mengkaji dugaan  pelanggaran enam kepala daerah (kada) Maluku Utara (Malut) yang diduga terlibat dalam deklarasi mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.
"Kami akan mengkaji lebih lanjut, apakah masuk unsur pelanggaran atau tidak. Yang hadir dalam deklarasi itu apakah kapasitas mereka sebagai pimpinan partai atau sebagai kepala daerah," kata Ketua Bawaslu RI, Abhan, usai mengisi materi bimbingan teknis (bimtek) kepada Bawaslu Kabupaten/kota di Grand Dafam Bela Ternate kemarin (10/2).
Dia menuturkan Bawaslu  masih fokus pada  proses tahapan pemilu, yakni pencegahan politik uang dan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). "Soal politik uang dan netralitas ASN serta TNI-Polri masih menjadi titik konsentrasi kami,” tuturnya.
Dia juga berharap dengan adanya pengawas TPS, dapat meminimalisir pelanggaran. "Mudah-mudahan dengan adanya pengawas TPS dapat  mengantisipasi potensi pelanggaran," harapnya.  
Untuk diketahui, pernyataan dukungan terhadap paslon bernomor urut 01 itu dilakukan melalui deklarasi di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma’ruf Jl. Proklamasi, Menteng, Minggu (3/1) lalu. Enam dari 11 kada di Malut hadir dalam deklarasi tersebut. Yakni Bupati Halmahera Barat Danny Missy, Bupati Halmahera Utara Frans Manery, Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus, Bupati Pulau Morotai Danny Missy, Bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes dan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim.
Tiga kepala daerah lain yang tidak sempat hadir telah menyatakan juga dukungannya ke Jokowi-Ma’ruf. Mereka adalah Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, Bupati Halmahera Timur Muh Din Ma’bud, dan Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba. Sementara Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara yang juga kader Partai Golkar dan Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba juga diketahui merupakan pendukung Jokowi-Ma’ruf. (tr-01/onk).

 

 

Share
Berita Terkait

Jokowi-Ma’ruf di Atas Angin

18/04/2019, 14:36 WIT

SS DPR RI Diduga Disembunyikan

18/04/2019, 14:25 WIT

Pemprov Dapat 378 Formasi

10/09/2018, 12:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan