Minggu, 20 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / NASIONAL / KPU: Ini Batasan Iklan Kampanye di Media

KPU: Ini Batasan Iklan Kampanye di Media

Diposting pada 28/02/2019, 09:23 WIT
Wahyu Setiawan
Wahyu Setiawan

JAKARTA - KPU membolehkan peserta Pemilu 2019 membuat iklan kampanye di media secara mandiri.

Wahyu Setiawan, Komisioner KPU RI mengatakan, Meski KPU membolehkan pemasangan iklan di media massa, namun ada batasan yang harus ditaati peserta pemilu 2019. "Terkait iklan kampanye yang bersifat mandiri, kami memberikan ruang dan kesempatan kepada peserta pemilu untuk dapat membuat iklan kampanye secara mandiri. Meskipun secara mandiri, tetap harus mematuhi aturan yang berlaku," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Wahyu menjelaskan, batasan yang diberikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Aturan ini terdapat dalam Peraturan KPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu. "Batasannya sama, bahwa sesuai dengan peraturan perundang-undangan, ada ketentuan yang sudah mengatur jumlah paling banyak yang dapat dilakukan oleh peserta pemilu dalam beriklan," kata Wahyu.

Aturan tersebut mengisyaratkan batasan waktu dan jumlah iklan kampanye di media massa, di antaranya batasan iklan media di televisi "Sebagai contoh jika memasang iklan di televisi, itu paling banyak 10 spot dalam satu hari di setiap media televisi," sambungnya.
Jadi untuk media massa televisi, radio, Koran dan media online itu prinsipnya sama, dengan aturan difasilitasi. Bedanya adalah fasilitasi dan dilakukan secara mandiri. Tetapi secara teknis aturannya sama," sambungnya. (Detik/Lid)

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan