Sabtu, 25 Mei 2019

 Headline
MALUT POST / OLAHRAGA / Optimis Jelang Kualifikasi Piala Asia

Optimis Jelang Kualifikasi Piala Asia

Diposting pada 14/03/2019, 11:58 WIT
INDRA Sjafri
INDRA Sjafri

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, merespons jadwal Kualifikasi Piala Asia 2020 di Vietnam bulan ini. Dia bersyukur anak asuhnya berjumpa lagi dengan Thailand dan Vietnam. Indonesia tergabung dalam Grup K bersama Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 di mulai 23 Maret ini. Merujuk hasil di Piala AFF U-22, Timnas dijagokan untuk menang atas Vietnam dan Thailand di semifinal dan final. Skuat Merah Putih pun akhirnya keluar sebagai juara di ajang tersebut.
Tapi, Thailand sudah mengumumkan jika bakal merombak tim menuju kualifikasi itu. Pelatih timnas Thailand, Alexander Gama, menyebut bakal menyuguhkan kejutan. Begitu pula dengan Vietnam. Mereka menunjuk pelatih baru asal Korea Selatan, Lee Young-jin usai dikalahkan Indonesia. Indra relaks dengan perubahan di internal Thailand dan Vietnam. Dia meminta agar Timnas U-23 berfokus kepada tim sendiri.
"Tidak perlu berpendapat lagi. Respons saya, satu, saya bersyukur saya sudah pernah berhadapan dengan mereka. Yang kedua, saya bersyukur lagi dia (Vietnam) rombak timnya," ujar Indra di Stadion Madya, Senayan, Rabu (13/3).
Saat ini, Indra justru tengah berfokus untuk menyiapkan strategi agar pemain selalu dalam kondisi bugar saat harus menjalani tiga laga dalam lima hari. Di hari pertama, Jumat (22/3), Timnas harus menghadapi Thailand, kemudian dilanjutkan duel dengan Vietnam pada Minggu (24/3), dan terakhir melawan Brunei Darussalam pada Selasa (26/2).
"Lalu yang ketiga, ya, kami dengan situasi yang sama, istirahat hanya sehari, dan kami sudah biasakan di sini, dengan turnamen, dengan uji coba nanti kami akan bikin seperti itu. Kami akan bikin dengan interval satu hari," dia menambahkan.
Piala Asia U-23 akan diikuti oleh 16 tim, yakni tuan rumah Thailand, juara dari sepuluh grup kualifikasi, dan lima runner-up terbaik.
Selain itu, Indra menolak bicara peta persaingan timnya di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. "Hanya Tuhan yang tahu jawabannya," begitu kata Indra. Menghadapi kualifikasi ini, Osvaldo Haay cs memiliki modal yang sip. Mereka menjadi jawara di Piala AFF 201 dengan mengalahkan Thailand 2-1 di final.
Meski demikian, Indonesia tak ingin terlena. Setibanya mereka di Jakarta, Indra langsung menggeber dengan program latihan, internal game, dan dua agenda uji coba menghadapi tim lokal Semen Padang (12/3) dan Bali United (17/3) mendatang. Tapi ketika ditanyakan soal peta persaingan, Indra menjawabnya dengan diplomatis. "Oh, belum tahu saya. Tanya sama Tuhan kalau itu," kata Indra.
"Saya tidak akan bicara teknis bagaimana menghadapi Thailand. Bagaimana menghadapi Vietnam dan itu hal yang tak boleh diberi tahu sekarang," ujar dia.
Sebelumnya, Tim Nasional U-23 melakoni uji coba pertamanya selepas Piala AFF U-22 2019. Menghadapi Semen Padang, tim asuhan Indra Sjafri ditahan imbang 2-2. Indra menguji hampir seluruh pemainnya. Beberapa pemain absen karena dalam pemulihan cedera yakni Marinus Wanewar, Todd Rivaldo Ferre, dan Asnawi Mangkualam.
Dari laga 2 x 45 menit tersebut, tim asuhan Indra Sjafri berhasil mempertahankan keunggulan hingga babak pertama lewat gol pertama Osvaldo Haay. Di babak kedua, Osvaldo kembali memperlebar jarak dengan kembali mencetak gol. (dtc/yun)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan