Jumat, 06 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Dinsos Verifikasi Warga Miskin

Dinsos Verifikasi Warga Miskin

Diposting pada 15/03/2019, 12:51 WIT
BUTUH BANTUAN: Kediaman warga kurang mampu di Kepulauan Sula. Ft dokumen/malut post
BUTUH BANTUAN: Kediaman warga kurang mampu di Kepulauan Sula. Ft dokumen/malut post

SANANA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar lebih untuk iuran BPJS Kesehatan.
Namun hingga triwulan pertama, Dinkes belum mengantongi nama-nama warga miskin yang akan diakomodir dalam BPJS Kesehatan. Saat dihubungi Malut Post,  Kadis Sosial Rifai Masuku mengatakan, saat ini mereka masih melakukan verifikasi. Untuk Kecamatan Sanana baru selesai, dan akan dilanjutkan ke kecamatan lain. "Sekarang kita masih verifikasi data bagi masyarakat yang tidak mampu di Kecamatan Sanana dan baru selesai minggu kemarin, sementara akan dilanjutkan ke kecamatan yang lain," kata Rifai.
Data sementara untuk  Kecamatan Sanana sebanyak 500 orang. Untuk sisanya lanjut Rifai akan di data di kecamatan lain, sesuai dengan  target Dinkes. Meski begitu lanjutnya, pendataan tidak hanya sesuai dengan jumlah data yang diminta. "Karena data itu akan dimasukan pada tahun akan datang, "ujarnya. Menurutnya, pendataan warga miskin mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes),  yang dilihat dari beberapa kategori mulai dari pendapatan per bulan hingga kondisi rumah.
Pembiayan BPJS Kesehatan dari Dinas Kesehatan diperuntukkan bagi 1.333 orang.  dengan tambahan 1.333 orang, maka jumlah penerima bantuan iuran (BPI) menggunakan APBD di Kepsul menjadi 10 ribu lebih. Sementara jumlah penduduk di Sula sebanyak 110.507 ribu, dan yang baru terlayani BPJS Kesehatan 53 ribu lebih, terdiri dari PBI APBD dan non APBD, pekerja penerima upah (PPU) dan pekerja bukan penerima upah (PBPU),  atau baru 48 persen warga di Sula yang terlayani BPJS Kesehatan. (ikh/onk).

 

Share
Berita Terkait

Tiga Pejabat Dicopot

22/02/2018, 11:59 WIT

Prabowo-Sandi Unggul di Lapas Sanana

18/04/2019, 12:56 WIT

Ayah Hamili Anak Kandung

28/11/2018, 12:32 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan