Sabtu, 25 Mei 2019

 Headline
MALUT POST / NASIONAL / Debat Kali Ini Dikawal Komite Damai

Debat Kali Ini Dikawal Komite Damai

Diposting pada 15/03/2019, 13:01 WIT
SANDIAGA UNO - MA’RUF AMIN
SANDIAGA UNO - MA’RUF AMIN

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan beberapa perubahan pada format debat ketiga untuk cawapres. Salah satu perubahan terkait adalah penambahan waktu di hampir setiap segmen debat. Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, mengatakan penambahan waktu kisaran tiga menit menjadi empat menit. "Hampir semua segmen ada penambahan waktu, dari segmen pemaparan visi misi dari hanya 3 menit ditambah menjadi 4 menit, demikian juga closing statement sebelumnya 2 menit menjadi 4 menit," kata Wahyu di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3).
Selain itu, pada debat yang diselenggarakan pada 17 Maret 2019 di Hotel Sultan ini, KPU membentuk Komite Damai yang terdiri dari enam anggota. Yakni satu perwakilan KPU, satu Bawaslu dan masing-masing timses capres dua anggota.
Komite ini bertugas mengantisipasi dan mendamaikan apabila pertikaian di dalam ruang debat. Meski demikian, anggota tim juga berhak mengusir oknum yang tidak bisa didamaikan. "Bisa saja dibawa keluar (ruangan) ya," katanya.
Terkait keamanan debat sesuai dengan standar pengamanan akan sama dengan standar keamanan capres. "Para capres akan hadir maka Paspampres, TNI Polri tadi memberi paparan bahwa standar pengamanan akan sama dengan standar keamanan capres," katanya.
Debat ketiga ini akan diikuti oleh dua cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Debat cawapres kali ini akan digawangi Transmedia, dimulai pukul 20.00 WIB dan terdiri atas enam segmen. Debat juga akan dimoderatori dua presenter CNNIndonesia TV yaitu Putri Ayuningtyas dan Alfito Deannova Ginting.
Debat cawapres yang dijadwalkan pada akhir pekan ini mengangkat empat tema yakni pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, serta sosial dan budaya. Guna membantu KPU dalam debat cawapres mendatang, telah ditunjuk sembilan panelis untuk merancang pertanyaan. Mereka adalah Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi, Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama, dan Rektor Universitas Syahkuala Samsul Rizal. Selain itu ada Guru Besar Sastra Universitas Tanjungpura Chairil Effendy, Guru Besar FISIP USU Subhilhar, budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah, dan Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma.
Pada debat kali ini, KPU tetap menyiapkan enam segmen yaitu segmen 1 penyampaian visi-misi, segmen 2 dan 3 pertanyaan dari tim panelis, segmen 4 dan 5 capres saling bertanya, serta segmen 6 pernyataan penutup.
Salah satu perubahan pada format debat cawapres kali yang dijadwalkan pada Minggu (17/3) ini adalah pada segmen dua dan tiga. Jika pada dua debat pertama, masing-masing kandidat mendapatkan pertanyaan berbeda, kali ini keduanya harus menjawab pertanyaan yang sama dari KPU.
Selain itu, KPU juga meniadakan format video pertanyaan yang digunakan di segmen kedua debat capres pada 17 Februari lalu. Seluruh pertanyaan dari tim panelis akan dibacakan oleh moderator debat.

Capres Hadir
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dipastikan hadir juga dalam debat cawapres (calon wakil presiden), Minggu (17/3) nanti. Mereka hadir sebagai bagian dari masa pendukung kandidat dan akan ditempatkan di kursi tamu undangan. “Direncanakan Pak Jokowi dan Pak Prabowo juga akan hadir, meskipun ini debat cawapres tapi kandidat capres akan hadir," kata Wahyu.
Menurut Wahyu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Paspampres, kepolisian, dan TNI dalam hal pengamanan debat. Oleh karena itu, proses pengamanan sepenuhnya diserahkan ke pihak aparat. "Pampampres TNI-Polri tadi juga memberikan paparan bahwa standar pengamanan akan sama dengan standar pengamanan debat capres," ujar Wahyu.
KPU mengalokasikan 450 kursi penonton untuk tamu undangan debat. Jumlah itu terdiri dari 75 pendukung paslon nomor 01, 75 pendukung paslon nomor 02, dan 300 orang tamu undangan KPU. Tamu undangan KPU merupakan kalangan akademisi hingga tokoh-tokoh yang relevan dengan tema debat ketiga.(mrd/cnn/trb/kai)

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan