Jumat, 06 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Bupati Letakkan Batu Pertama Pasar Modern Fagogoru

Bupati Letakkan Batu Pertama Pasar Modern Fagogoru

Diposting pada 21/03/2019, 12:26 WIT
MULAI DIBANGUN: (Dari kiri) Wakil Ketua DPRD Halteng Fahris Abdullah (batik) dan Bupati Edi Langkara (tengah) bersama Sekretaris Kabupaten (kedua dari kanan) serta didampingi tokoh agama meletakkan batu pertama pembangunan pasar modern Fagogoru, Rabu (20/3) FAHRUDIN/MALUT POST
MULAI DIBANGUN: (Dari kiri) Wakil Ketua DPRD Halteng Fahris Abdullah (batik) dan Bupati Edi Langkara (tengah) bersama Sekretaris Kabupaten (kedua dari kanan) serta didampingi tokoh agama meletakkan batu pertama pembangunan pasar modern Fagogoru, Rabu (20/3) FAHRUDIN/MALUT POST

WEDA - Bupati Edi Langkara melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar modern fagogoru, Rabu (20/3) kemarin.  Pasar yang terletak di Desa Fidi Jaya, Kecamatan Weda itu dibangun secara multiyears (MY) dengan nilai kontrak Rp 40,823 Miliar. Dengan nomor kontrak 02/SPP/PSR-Fagogoru/MY/Diperindagkop-HT/II/2019, pasar ini dikerjakan oleh PT. Intimkara selama 865 hari kalender atau 2,5 Tahun.
Bupati Edi Langkara menyampaikan, pasar Fidi Jaya ini dibangun di masa kepemimpinan Hasan Do’a dan Ridwan Ilyas. Namun sering berjalan waktu pasar ini mengalami musiba kebakaran pada tahun 2016. Musiba kebakaran ini sangat menyusahkan masyarakat khususnya pelaku ekonomi pasar baik menengah maupun kecil. “Akibat kebakaran itu pelaku pasar berjualan di pinggir jalan yang tidak semestinya dilakukan. Bahkan keberadaan ekonomi pasar di pinggir jalan memperparah dan merusak keindahan Kota Weda,” jelas orang nomor 01 di Pemkab Halteng itu.
Atas dasar itu, di kepemimpinan Bupati Edi Langkara dan Wakil Bupati Abdurrahim Odeyani (Elang-Rahim) bertekad membangun pasar modern fagogoru yang representatif.
Pasar modern Fagogoru, lanjut dia, mestinya dibangun pada tahun 2018. Hanya saja berkaitan dengan mekanisme anggaran sistem tahun jamak atau MY sehingga pembangunannya dilakukan bertahap kurang lebih dua tahun. Mekanisme ini dilakukan mengingat beban daerah di sektor keuangan tidak cukup untuk dibangun pada satu tahun anggaran. “Karenanya, cara ini ditempuh dalam rangka meringankan beban daerah. Kita menggunakan pihak ketiga. dengan modalnya dia bangun selama dua tahun. Lalu kemudian kita bayar ke pihak ketiga secara bertahap kurang lebih 3-4 tahun sesuai dengan kontrak kerja,” ujar mantan anggota DPRD Provinsi itu.
Pembangunan pasar modern fagogoru butuh partisipasi masyarakat dalam aspek keamanan sehingga pihak ketiga tidak merasa terganggu yang mengakibatkan lambatnya pembangunan. “Saya berharap pasar ini dibangun dalam waktu dua tahun saja. Dan saya yakin PT. Intimkara akan mampu menyelesaikan dalam waktu dua tahun. Karenanya butuh peran masyarakat dalam menjaga keamanan supaya memperlancar proses pembangunan,” tandasnya.
Sementara Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Safi Abdullah menyatakan, luas lahan pembangunan pasar modern fagogoru adalah 15.453 M2 dalam bentuk dua lantai. Lantai satu seluas 3.406 M2 dengan fasilitas kios tipe 25 sebanyak 46 unit, Los 2 areal, Toilet dan Lavatory 4 unit, ruang panel 1 unit dan sirkulasi. Sedangkan Lantai dua seluas 3.416.80 M2 dengan fasilitas kios tipe 40 sebanyak 12 unit, kios tipe 50 sebanyak 2 unit, minimbar 14 unit, food corn 2 areal dan restoran 2 unit.
Pembangunan pasar modern fagogoru, kata dia, untuk mewujudkan tata ruang ibu kota Kabupaten Halmahera Tengah yang memadai serta memberikan tempat yang representatif nyaman bagi pedagang dan masyarakat dalam berbelanja. “Diharapkan pasar modern ini tidak hanya menjadi pusat ekonomi tetapi juga objek wisata,” harapnya.
Hadir dalam kegiatan peletakan batu pertama itu Wakil Ketua DPRD Halteng Fahris Abdullah, Sekretaris Kabupaten Saiful Samad, pimpinan SKPD, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta para pedagang di kawasan pasar Fidi Jaya.(pn/mpf)

 

Share
Berita Terkait

Panwascam Temukan Pemilih Ganda

05/04/2018, 12:34 WIT

18 Perusahaan Beroperasi di Halteng

28/03/2019, 12:18 WIT

WBN Siap Serap 15 Ribu Tenaga Lokal

31/08/2018, 12:40 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan