Sabtu, 07 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Bupati Kunjungi Desa Sawai Itepo

Bupati Kunjungi Desa Sawai Itepo

Diposting pada 08/04/2019, 12:33 WIT
KUNJUNGAN: Bupati Edi Langkara mengunjungi PT. IWIP usai berkunjung di Desa Sawai Itepo, Sabtu (6/4)
KUNJUNGAN: Bupati Edi Langkara mengunjungi PT. IWIP usai berkunjung di Desa Sawai Itepo, Sabtu (6/4)

WEDA - Bupati Edi Langkara melakukan kunjungan kerja dan tatap muka bersama Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan masyarakat se- Kecamatan Weda Tengah.

Kunjungan sekaligus tatap muka itu berlangsung di Kantor Desa Sawai Itepo, Kecamatan Weda Tengah, Sabtu (6/4) akhir pekan kemarin.  

Bupati menyampaikan, pemerintah daerah saat ini sedang merancang pelatihan 1000 tenaga kerja lokal mulai dari pulau Yoi sampai perbatasan Desa Kesayangan. “Pelatihan ini akan dilakukan pasca pemilu,” ujar orang nomor 01 di Pemkab Halteng itu.

Lanjutnya, para tenaga kerja lokal akan dididik untuk mengemudi alat berat maupun pelatihan las. “Ini berlaku untuk umum baik yang memiliki ijazah SD maupun ijazah SMA. Bahkan kurang lebih 200 orang akan mengikuti pelatihan di Ternate,” terang mantang anggota DPRD Provinsi dua periode itu.
Tidak hanya pelatihan secara fisik, bahkan pemerintah daerah akan mendatangkan tenaga guru untuk memberikan pelatihan bahasa inggris dan cina kepada tenaga kerja lokal. “Tenaga kerja di PT. IWP akan dilatih berbahasa inggris dan cina.  Karenya, camat harus mengecek  berapa guru bahasa inggris di setiap sekolah,” pintanya sembari meminta  Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk mendatangkan guru bahasa inggris di SD dan SMP terutama SMP di Desa Sawai itepo.

Di bidang kesehatan, Bupati mengungkapkan, tenaga kesehatan di Desa Sawai Itepo hanya satu orang. “Sangat miris 1 desa hanya dilayani 1 orang tenaga kesehatan,” terangnya.

Ia meminta Kepala Dinas Kesehatan menempatkan minimal 3 orang tenaga kesehatan di setiap Desa. “Dalam struktur pemerintah,  perangkat daerah tidak boleh merubah skema SK Bupati. Ingat, merubah SK Bupati itu fatal dan itu tidak boleh terjadi,” tegasnya.   

Bupati mewajibkan petugas kesehatan mengunjungi satu rumah setiap bulan. “ Minimal  sekali dalam sebulan, petugas kesehatan harus mengecek di setiap rumah. Ini tanggung jawab pemerintah,” tandasnya

Di sektor pertanian, kata dia, ada bantuan jagung ke Kecamatan Weda Tengah. “Kepala Desa Sawai Itepo bisa meminta bantuan dan masyarakat cukup minta rekomendasi Kepala Desa,” tandasnya.
Adapun di sektor pendidikan, lanjutnya, ia dan Wakil Bupati Abdurahim Odeyani memiliki program beasiswa. “ Bagi yang anaknya ingin kuliah, pemerintah daerah menyediakan beasiswa 5 juta,” tutup politisi Golkar itu.  

Hadir dalam kegiatan itu  Pimpinan SKPD,  Danramil 1505-02 / Weda,  Pimpinan manejemen PT IWIP,  Camat Weda Tengah Moch Rizki Hasyim, Kepala Desa se-Kecamatan Weda Tengah,  Pimpinan Forum Komunikasi Desa,  Kepala UPT Kesehatan dan Pendidikan,  Lembaga Adat Desa Sawai Itepo,  tokoh Agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.(adv/mpf)

Share
Berita Terkait

Panwascam Temukan Pemilih Ganda

05/04/2018, 12:34 WIT

18 Perusahaan Beroperasi di Halteng

28/03/2019, 12:18 WIT

WBN Siap Serap 15 Ribu Tenaga Lokal

31/08/2018, 12:40 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan