Senin, 19 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Performance Test PLTMG Ternate Sukses

Performance Test PLTMG Ternate Sukses

Diposting pada 10/04/2019, 09:58 WIT
PANTAU: Rombongan melakukan pantauan di kawasan PLTMG Ternate.
PANTAU: Rombongan melakukan pantauan di kawasan PLTMG Ternate.

TERNATE - PLN Ternate melaksanakan  performance test Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Ternate, dengan menggunakan gas Isotank, Selasa (9/4) kemarin.

Uji coba itu dihadiri Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi  Kementerian ESDM Dr. Ir. Djoko Siswanto, MBA dan Wakil Wali Kota Ternate H. Abdullah Taher, kemarin (9/4).  Menurut  Djoko Siswanto, tujuan untuk uji coba untuk mengganti solar ke gas. Saat uji coba,  kapasitasnya mencapai 30 MW yang dapat melistriki lebih dari 160 ribu rumah tangga. Dengan demikian, PLN dapat menghemat Rp 150 miliar-Rp 250 miliar setahun, karena menggunakan gas menggantikan solar. “Pemerintah pusat mengurangi impor solar yang secara otomatis mengurangi subsidi BBM karena gas tidak disubsidi,” ujarnya.

Menurut dia, energi gas dalam negeri sangat banyak. Dan sementara untuk kebutuhan energi di Ternate baru didatangkan dari Bontang Kalimantan Timur, yang sebelumnya mau didatangkan dari ladang Tangguh  Papua, namun belum siap. Dia juga menambahkan untuk wilayah timur, Ternate menjadi yang pertama melakukan uji coba penggunaan gas. Selanjutnya akan dilanjutkan di Nabire, Jayapura, Kendari dan terakhir di Flores. Sementara untuk wilayah tengah di Sambera.

Djoko menuturkan setelah performance test berjalan lancar, baru akan dibangun secara maksimal di Kastela karena pondasinya sudah jadi, tapi masih di tes secara teknis untuk memastikan bisa difungsikan baru dihitung secara keekonomian agar rencana penghematan bisa terjadi. Dia menambahkan manfaat lain yang bisa diperoleh,  dapat digunakan gas city gas untuk kebutuhan rumah tangga. “Kalau sudah beroperasi penuh, kita akan mendata berapa rumah tangga  yang bisa dialirkan gas, kita pasang pipanya ke masyarakat,” ujarnya.

Direktur PLN Ahmad Rofik menambahkan, sebelumnya pembangkit masih menggunakan BBM tapi baru sekarang menggunakan gas. Dan untuk pengalihan dari BBM ke gas ini tidak ada kendala. “Pembangkit yang ada di Ternate memiliki keandalan yang tinggi sehingga tidak ada BBM ada gas maka tingkat fleksibilitasnya tinggi,” ujarnya. Walau menggunakan gas, tapi BBM juga standbay untuk memastikan sistem tetap stabil Sementara Wakil Wali. Abdullah Taher, menyampaikan terima kasih karena pengoperasian PLTMG bisa menjadi solusi pemadam bergilir. (tr-02/onk/pn).

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan