Rabu, 13 November 2019

 Headline
MALUT POST / / BOS tak Cair, Sekolah Berutang

BOS tak Cair, Sekolah Berutang

Diposting pada 10/04/2019, 12:14 WIT
BOS: Suasana berlangsungnya ujian nasional
BOS: Suasana berlangsungnya ujian nasional

TIDORE – Lambatnya pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS) membuat sejumlah sekolah di Kota Tidore Kepulauan (Tikep) harus berutang, terutama sekolah yang sedang menjalani ujian. Utang ini bertujuan agar melengkapi operasional sekolah dalam menggelar ujian, seperti halnya sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di Tikep.

Pantauan Malut Post pada hari kedua ujian sekolah berbasis nasional (USBN) di SMP Negeri 1 Tikep tetap berjalan lancar tanpa ada hambatan apa pun, meski sekolah terpaksa harus berhutang untuk membiayai operasional USBN. Hal ini diakui Kepala Sekolah SMPN 1 Tikep, Muriyono, Selasa (9/4).

Menurutnya, keterlambatan pencairan dana BOS yang sampai saat ini belum dicairkan itu tentu mengganggu jalannya pelaksanaan USBN. Hal ini karena sekolah tidak mempunyai sumber dana lain selain BOS. ”Untuk mempersiapkan dan demi kelancaran USBN, maka sekolah terpaksa berhutang. Namun utang ini kami di internal saja, dan tanpa ada bunganya,” tuturnya.

Dijelaskannya, SMPN 1 sendiri memiliki siswa kelas IX sebanyak 167 orang. Namun sampai dengan saat ini, hanya satu orang yang tidak mengikuti USBN. Pihak sekolah telah berusaha mencari tahu dan menghubungi siswa tersebut, namun yang bersangkutan sudah berhenti sekolah beberapa bulan yang lalu.Sementara untuk teknis sendiri tidak ada kendala sama sekali. ”Alhamdulillah sampai dengan sekarang berjalan dengan lancar. Pengawas juga penuh,” ujarnya.

USBN ini, kata dia, berlangsung hingga Sabtu (13/4). Setelah USBN, akan ada ujian praktik. Setelah itu barulah dilakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). (cr-03/lex)

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

Tuan Rumah KKN Kebangsaan

19/02/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Dahlan Iskan