Kamis, 12 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Temukan Empat Pedagang “Main” Timbangan

Temukan Empat Pedagang “Main” Timbangan

Diposting pada 11/04/2019, 12:15 WIT
PEMERIKSAAN: Tim gabungan Disperindag dan UPT Metrologi tengah melakukan pemeriksaan timbangan pedagang di kawasan pasar Gamalama, Rabu (10/4).ABD YAHYA ABDULLAH/MALUT POST
PEMERIKSAAN: Tim gabungan Disperindag dan UPT Metrologi tengah melakukan pemeriksaan timbangan pedagang di kawasan pasar Gamalama, Rabu (10/4).ABD YAHYA ABDULLAH/MALUT POST

TERNATE – Tim gabungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate dan UPT Metrologi Ternate,  menggelar sidang tera timbangan pedagang di kawasan pasar Gamalama, Rabu (10/4).

    Kegiatan tera atau tera ulang ukur timbang takar dan perlengkapan (UTTP)  itu  sebagai upaya melindungi konsumen di Kota Ternate." Tera ulang atau kalibrasi timbangan pedagang ini juga untuk persiapan menyambut bulan suci Ramadan dan memperingati Hari Konsumen Nasional,” kata Kepala Disperindag Kota Ternate, Nuryadin Rachman.

    Menurutnya, tera ulang timbangan itu rencananya, akan dilakukan selama sepekan. Seluruh timbangan pedagang akan di tera, mulai dari pedagang sayur mayur, sembako, pedagang buah hingga pedagang emas yang beraktivitas di pusat perdagangan dalam wilayah Kota Ternate." Di hari pertama ini ada 64 timbangan yang kami tera ulang. Hasilnya ada 60 timbangan tidak bermasalah atau sah dan 4 timbangan bermasalah atau batal," ungkap Nuryadin.

    Tera ulang timbangan ini, kata dia, akan dilakukan di seluruh pusat perdagangan di Kota Ternate. Termasuk di pasar Syariah Sasa dan pasar Dufa Dufa.

   Kepada seluruh masyarakat, Nuryadun menghimbau agar lebih memperhatikan timbangan atau alat ukur, sebab nanti setelah ditera, timbangan tersebut akan ditandai dengan stiker yang menerangkan tentang status timbangan, apakah sah atau batal."Ini juga bagian dari upaya Disperindag untuk melindungi konsumen dan memastikan konsumen mendapat pelayanan yang sesuai,” imbaunya.

   Konsumen juga harus mengetahui hak dan kewajiban, misalnya soal timbangan yang sudah diberi tanda stiker, jika timbangan belum ditandai artinya timbangan itu belum diukur.”  Konsumen memiliki hak untuk menanyakan keabsahan timbangan tersebut," pungkasnya.(Aya/rul).

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan