Kamis, 23 Mei 2019

 Headline
MALUT POST / / Tidore Berusia 911 Tahun

Tidore Berusia 911 Tahun

Diposting pada 13/04/2019, 13:26 WIT
HUT: Sultan Husain Syah, Capt Ali Ibrahim dan petinggi kesultanan serta petinggi Pemkot lainnya berpose di depan Kedaton.
HUT: Sultan Husain Syah, Capt Ali Ibrahim dan petinggi kesultanan serta petinggi Pemkot lainnya berpose di depan Kedaton.

TIDORE - Upacara puncak peringatan Hari Jadi Tidore (HJT) ke 911 Tahun 2019 berlangsung lancar dan khidmat, pada Jumat (12/4) pagi bertempat Sonyine Salaka Kadato Kie Kesultanan Tidore. Setelah sepekan sebelumnya Kota Tidore Kepulauan diwarnai dengan sejumlah kegiatan bernuansa adat. Seluruh rangkaian kegiatan budaya Festival Tidore mencapai klimaksnya dengan dilaksanakan upacara puncak yang berlangsung khidmat dan sakral, dan dipimpin oleh Inspektur Upacara,/Jojau Kesultanan Tidore M. Amin Faruk.

 

Upacara diawali dengan pembacaan sejarah singkat Hari Jadi Tidore oleh Ngofa Sedano Soa Romtoha Tomayou, Dr. Syofyan Saraha, yang juga salah satu pejabat di lingkup Kota Tidore Kepulauan. Selanjutnya saat Jojau selaku inspektur upacara memasuki lapangan upacara diiringi tarian soya-soya Seli. Komandan upacara maju menyampaikan laporan bahwa upacara segera dimulai dengan menggunakan bahasa Tidore "Towaro Fomasonyinga Munara Tofo Ine, Taun ratu Sio se Nyaboi. Jabal Tidore Yo dadi, Ma Ora April Yofane Futu Nyagimoi se Malofo, Taun Calamalofo Nyagimoi se Tufkange, Idadi".

Selanjutnya Paji Buldan Tidore, Pataka Rau Parada, yang dibawakan pasukan adat memasuki lapangan upacara dan mengambil posisi di tengah-tengah lapangan upacara dalam formasi barisan diiringi alunan musik Rababu, Tifa dan Gong. Jojau pada kesempatan tersebut menyampaikan Borero Gosimo atau amanat leluhur terdapat dalam penggalan kalimat/Borero Gosimo.

Usai pelaksanaan upacara, Sultan Tidore H.Husain Syah berkesempatan hadir menyapa tamu undangan walaupun dalam keadaan sakit, dirinya menitipkan pesan bahwa amanat yang telah disampaikan dalam borero gosimo harus dijaga dan dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sultan Tidore dalam kesempatan tersebut juga mendoakan seluruh masyarakat Moloku Kie Raha secara umum dan Tidore secara khusus agar masyarakatnya selalu dalam keadaan damai dan sejahtera.
Sementara itu Wali Kota Capt. H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan momentum kebangkitan budaya Tidore untuk tetap eksis dan hidup sebagai bagian dari kebudayaan Nusantara, juga sebagai masyarakat berbudaya bahari, harus terus melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan nilai-nilai lokal. Dimana para leluhur masyarakat Tidore membangun peradaban sebagai bangsa yang pernah menguasai lautan dan mengandalkan laut menyandarkan kehidupan.
Orang nomor satu di Pemkot ini juga mengajak pihak kesultanan untuk bekerja sama dengan pemerintah kota dalam upaya menjaga dan melestarikan kearifan lokal di masa datang, sekaligus juga mengingatkan bahwa pada bulan Juni mendatang, Tidore akan menjadi tuan rumah pertemuan global Kota-kota Magellan (GNMC) ke 10.

Dalam pertemuan tersebut akan dihadiri 22 Wali Kota dari 13 negara yang pernah disinggahi Magellan Elcano. Lalu pada tahun 2021 mendatang, Tidore juga akan menjadi pusat kegiatan Sail Tidore yang merupakan peringatan 500 tahun Napak Tilas Magellans-Elcano. ”Momentum ini dapat memberikan pencerahan kepada dunia internasional mengenai peran sentral Moloku Kie Raha dan Indonesia sebagai sumber rempah-rempah terbaik di dunia," ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Ternate, Sultan Jailolo, Perwakilan Sultan Ternate, Pejabat perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi dan Kota Tidore Kepulauan, Sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Bobato Kesultan Tidore dan warga masyarakat yang terlihat antusias menghadiri Perayaan Hari Jadi Tidore ke 911 lengkap dengan baju adat. (cr-03/lex)

 

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

Tuan Rumah KKN Kebangsaan

19/02/2019, 09:25 WIT

Wali Kota Bantah Keras

13/02/2018, 15:07 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan