Rabu, 24 Juli 2019

 Headline
MALUT POST / / Dukono Kembali Semburkan Debu Vulkanik

Dukono Kembali Semburkan Debu Vulkanik

Diposting pada 13/04/2019, 13:23 WIT
DUKONO: Debu Vulkanik yang disemburkan dari kawah Dukono. (Ist)
DUKONO: Debu Vulkanik yang disemburkan dari kawah Dukono. (Ist)

TOBELO – Aktivitas Gunung Api Dukono yang berada di Desa Mamuya, Halmahera Utara (Halut) Jumat (12/4) pagi, kembali semburkan debu vulkanik.  Akibatnya, sejumlah kawasan dalam Kota Tobelo dikepung debu.

Pantauan Koran ini kemarin, sejumlah ruas jalan, pemukiman warga hingga pusat perbelanjaan, tampak dipenuhi debu vulkanik. Dampak tersebut tidak hanya dirasakan warga dalam pusat Kota Tobelo, namun sebagian besar perkampungan lain, juga mengalami hal serupa. Guna mengantisipasi kepungan Debu vulkanik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halut, terlihat mobile membagikan masker kepada warga dan juga pengendara di pusat Kota Tobelo. “Kami  berharap selain membagikan masker, Pemerintah melalui Dinas terkait juga harus mengambil tindakan dengan membersihkan debu vulkanik yang mengepung badan jalan, pemukiman warga serta kawasan pusat perbelanjaan, sebab jika hanya dibagikan masker, ini sifatnya hanya sementara saja, namun debu vulkanik akan terus bertebaran dan itu akan sangat mengganggu warga,” harap Awaludin warga Gamsungi, Tobelo.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Dukono Iwan Amat, yang dikonfirmasi menjelaskan, hingga saat ini status aktivitas Gunung masih waspada atau berada pada level II. “Kawah masih terus mengeluarkan asap putih disertai debu vulkanik. Selain itu, gempa tremor juga terjadi secara fluktuatif,” jelas Iwan Amat.  (Cr-04/Lid)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan