Senin, 22 Juli 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / Ratusan Calon Haji Batal ke Tanah Suci

Ratusan Calon Haji Batal ke Tanah Suci

Diposting pada 15/04/2019, 12:44 WIT
Ilustrasi
Ilustrasi

SOFIFI – Ratusan calon jamaah haji (CJH) Maluku Utara dipastikan batal berhaji tahun ini. Jelang penutupan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap I, masih ada 140 CJH yang belum tuntas melakukan pelunasan. Sebagian diantaranya tak bisa melunasi karena faktor lain selain ekonomi.

Kepala Bagian Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Malut Amar Manaf menuturkan, tahapan pelunasan tahap I ditutup hari ini (15/4). Dari total kuota haji Malut sebanyak 1.080 CJH, yang telah lunas penyetoran biaya hajinya sebanyak 940 orang. Sedangkan 140 sisanya belum melunasi. “Dari 140 orang itu yang belum melakukan pelunasan hanya beberapa orang di Ternate dan Halsel. Sementara yang di kabupaten/kota lainnya dipastikan batal karena meninggal dunia, sakit, dan belum mampu lakukan pelunasan,” tuturnya, Minggu (14/4).

Jamaah yang telah mendaftar hingga keluar nomor porsinya wajib melakukan pelunasan biaya haji. Jika pada tahap I tak bisa dilunasi, pada pelunasan tahap II kursi kosong yang ditinggalkan bisa diisi antrean jamaah lain. “Kursi yang kosong akan diisi pada pelunasan tahap II nanti," terang Amar.
Mereka yang berpeluang mengisi kursi kosong pada pelunasan tahap II diutamakan antrean jamaah dari muhrim yang hendak berhaji tahun ini. “Misalnya di antrean ada istrinya, sementara tahun ini suaminya sudah terdaftar berangkat, maka istri tersebut diutamakan,” kata Amar.

Selain itu, antrean jamaah lanjut usia di atas 80 tahun dan jamaah cadangan. “Jika jamaah muhrim dan lanjut usia tidak ada lagi, maka kursi sisa diisi dengan jamaah cadangan lima persen dari kuota masing-masing kabupaten/kota. Sehingga semua akan terisi," jabarnya. "Untuk kepastian jumlah berapa yang batal berangkat tahun ini nanti baru diketahui jumlah pastinya pada akhir pelunasan tahap I besok (hari ini, Red)," tukasnya.

Sementara itu, pelunasan tahap II dimulai pada 30 April sampai 10 Mei 2019. Direktur Pengelolaan Dana Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Maman Saefullah menuturkan, jatah kuotanya masih disimpan untuk para calon jamaah hingga tahap II selesai. Kuota jamaah untuk pelunasan pertama, sesuai dengan kuota nasional. Tepatnya 204 ribu dikurangi 5 persen untuk jamaah cadangan tahap II.

Dia menjelaskan, berdasarkan keputusan Menteri Agama (KMA) No 140 tahun 2019 dan Keputusan Dirjen PHU No 117 tahun 2019, bila kuota jamaah masih tersisa, akan dibuka pelunasan tahap II. Pelunasan BPIH haji khusus tahap I juga telah berjalan sejak 26 Maret 2019 hingga 2 April 2019. Sedangkan pelunasan tahap II akan berlangsung pada 12 April 2019 hingga 16 April 2019 nanti.
Sementara pelunasan BPIH reguler tahap pertama telah berlangsung sejak 19 Maret 2019. Calon jamaah yang akan melakukan pelunasan dapat melalui sejumlah lembaga perbankan seperti Mandiri Syariah Mobile, Net Banking, dan kantor cabang Mandiri Syariah dan layanan syariah Bank (LSB) Mandiri.(udy/rep/kai)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan