Minggu, 08 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Desa Pumadada //so// Ada Listrik

Desa Pumadada //so// Ada Listrik

Diposting pada 15/04/2019, 11:52 WIT
PERESMIAN PLTS: Bupati Halbar,  Dany Missy didampingi aparat Kecamatan Loloda, meninjau gedung PTLS Desa Desa Pumadada, Kecamatan Loloda.
PERESMIAN PLTS: Bupati Halbar, Dany Missy didampingi aparat Kecamatan Loloda, meninjau gedung PTLS Desa Desa Pumadada, Kecamatan Loloda.


JAILOLO - Keinginan masyarakat Desa Pumadada, Kecamatan Loloda untuk menikmati aliran listrik mulai terpenuhi. Ini setelah, diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Of Grid 45 KWP, oleh Bupati Danny Missy di desa tersebut, pekan lalu.
   
Dalam sambutanya, bupati  menyampaikan, PLTS merupakan sarana yang ramah lingkungan dan baik untuk memenuhi kebutuhan keseharian masyarakat, sebab sumber listrik merupakan hasil konversi dari energi matahari menjadi sumber energi listrik. "Hadirnya pembangunan PLTS terpusat memberikan pelayanan energi listrik yang berkeadilan di pelosok desa yang belum teraliri listrik dan belum dijangkau PLN untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," ungkapnya. Selain ini merupakan salah satu wujud Nawacita Presiden Joko Widodo menuju Indonesia Terang.

PLTS ini dibangun Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral melalui Dinas Energi dan Sumber daya Mineral (DESDM) Provinsi Maluku Utara pada tahun 2018 dengan sumber anggarannya adalah Dana Alokasi Khusus (DAK).

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) DESDM Abujan Abdul Latif mengaku pekerjaan ini selesai tepat waktu dan telah tertuang dalam BAP.

Pembangunan PLTS terpusat Of Grid 45 KWP Desa Pumadada, dimulai sejak tanggal 19  Juli 2018 dan selesai pada 10 Desember 2018 dan setelah selesai pembangunan langsung dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Pumadada. "Setelah penyelesaian pembangunana KPA dan PPK sudah melakukan serah terima ke Pemerintah Desa (Pemdes),"jelasnya.

Sementara untuk pengoperasiannya, diserahkan Pemdes dengan menunjuk operator, hanya saja operator yang ditunjuk tidak bisa langsung bekerja, karena harus punya keahlian mengoperasikan PLTS. Makanya, dia diberikan pelatihan dan pemahaman tentang tata cara pengelolaan TPS terpusat Of Grid 45 KWP lebih dulu.  "Kami dari DESDM melalui PPK, PPHP dan Direksi, telah memberikan pemahaman melalui sosialisasi yang dilaksanakan 11 Maret lalu,”jelasnya. (din/nty/pn)

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan