Minggu, 20 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / / Pengawas Delapan TPS Ikut Bimtek

Pengawas Delapan TPS Ikut Bimtek

Diposting pada 15/04/2019, 12:09 WIT
BIMTEK: Bawaslu Halsel saat memberikan Bimtek kepada pengawas di delapan TPS Desa Kawasi
BIMTEK: Bawaslu Halsel saat memberikan Bimtek kepada pengawas di delapan TPS Desa Kawasi

LABUHA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Selatan (Halsel) Jumat lalu, melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)  dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan  Suara (KPPS) yang berada di delapan TPS khusus daftar pemilih tambahan (DPTb) Desa Kawasi, kawasan perusahaan Tambang Nikel Harita Group.

Rais Kahar, komisioner Bawaslu Halsel yang menjadi pemateri pada Bimtek tersebut, kemudian menjelaskan terkait simulasi proses tahapan mulai dari fomulir A5 (Pemilih Pindahan dari TPS lain red) atau DPTb, pengawasan dan pelaksanaan pemungutan suara khusus DPTb di delapan TPS, hingga penghitungan suara hingga masuk pada pengisian Formulir C1 . “Usai dibentuk delapan TPS di kawasan pertambangan, Bawaslu sebenarnya sudah mulai action dengan memberikan pemahaman serta pembobotan kepada petugas pengawas. Dan untuk memastikan kesiapan itu, kami kemudian melakukan Bimtek sebagai persiapan akhir bagi penyelenggara khusus pengawas,” ujar Rais Kahar kepada Malut Post kemarin.

Sementara itu, komisioner KPU Halsel, Antoni Nurdin menuturkan, pelaksanaan pemilihan untuk delapan TPS Desa Kawasi seluruhnya telah siap, dimana usai diputuskan untuk dilakukan penambahan TPS, KPU kemudian bergerak cepat dengan menyediakan segala keperluan dan juga keisapan pelaksanaan Pemilu untuk DPTb di kawasan perusahaan tepatnya di Desa kawasi. “ untuk itu, setelah dibentuk delapan TPS dan juga penyelenggara yang diboboti dengan Bimtek, kami berharap, warga yang masuk DPTb wilayah pertambangan untuk dapat menyuarakan hak nya dan jangan Golput,” jelas Antoni.

Selain kegiatan Bimtek, Bawaslu juga mengawasi KPU saat mendistribusikan Form A.5 berjumlah 2.256 serta peninjauan delapan lokasi TPS yang nantinya digunakan oleh pemilih DPTb. kegiatan Bimtek serta peninjauan delapan TPS, sebelumnya juga dilaksanakan kegiatan pengambilan sumpah janji jabatan dari KPPS dan PTPS yang dilakukan oleh Komisioner KPU Antoni Nurdin. (Sam/Pn/Lid)

 

Share
Berita Terkait

Lahir di Tengah Gempa

24/07/2019, 14:21 WIT

Mahasiswi Tewas Saat Memotret

06/03/2018, 12:01 WIT

Video Mesum Siswi SMP Tersebar

12/01/2019, 11:46 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan