Rabu, 24 April 2019

 Headline

Bupati Bahrain Harap Desa Foya Tembus Kancah Nasional

Diposting pada 15/04/2019, 12:33 WIT
LOMBA: Bupati Bahrain Kasuba saat memberikan sambutan dalam pembukaan lomba 10 program PKK, Sabtu (13/4)
LOMBA: Bupati Bahrain Kasuba saat memberikan sambutan dalam pembukaan lomba 10 program PKK, Sabtu (13/4)

LABUHA – Desa Foya Kecamatan Gane Timur, Halmahera Selatan (Halsel) keluar sebagai juara dalam lomba 10 program PKK tingkat kabupaten. Bupati Halsel Bahrain Kasuba berharap, Desa Foya dapat kembali menjadi yang terbaik pada ajang yang sama di tingkat provinsi, agar bisa menembus ke tingkat nasional. Hal ini disampaikan Bupati Bahrain Kasuba saat membuka  acara penilaian 10 program PKK tingkat provinsi di Desa Foya, Kecamatan Gane Timur, Sabtu (13/4) akhir pekan lalu.

    Menurut Bahrain, dalam setiap event yang dilaksanakan PKK, dampak positif yang paling terlihat adalah perubahan wajah desa. Bukan hanya kebersihan dan penataan, namun sikap dan pemanfaatan lingkungan juga berdampak baik. Hal ini yang sangat berperan untuk mendorong perubahan desa." Program dari PKK ini tujuannya untuk membangun desa. Harapan pemerintah, dengan program PKK yang berkelanjutan ini, bisa menjadikan Halsel sebagai salah satu daerah yang berkontribusi dalam  pembangunan provinsi, terutama pada 10 program PKK,” harap bupati.

    Bupati Bahrain yang juga dewan pembina PKK ini mengutarakan,  pada tahun ini, salah satu program pemerintah Halsel yaitu setiap perkampungan di desa harus memiliki pagar beton. Dengan adanya pagar beton, wajah desa menjadi lebih baik dan terstruktur. Dengan begitu masyarakat juga dapat memanfaatkan pekarangan rumah melalui 10 program PKK dengan tanaman obat. “ Karena pagar beton akan berfungsi sebagai pengaman taman," terang bupati.

    Menutup sambutannya, Bahrain mengaku, program PKK sangat sinkron dengan visi misi pembangunan Halsel yaitu “Dasa Cita”. Harapan bupati program PKK dapat saling melengkapi dengan program pemerintah guna mewujudkan pembangun Halsel yang lebih maju."Kami merasa bangga dan bahagia karena Kabupaten Halsel masih bisa diikutsertakan  kembali menjadi peserta lomba tingkat provinsi. Semoga bisa keluar sebagai juara dan mewakili provinsi di tingkat nasional," tutup Bahrain.

    Ketua Tim Penggerak PKK Halsel, Hj. Nurlela Muhammad, kepada Malut Post menambahkan, rata-rata desa yang diikutkan dalam lomba untuk mewakili Halsel adalah desa yang masih dalam masa transisi. Dengan pertimbangan tersebut, dia berharap, agar desa yang diajukan itu bisa menjadi yang terbaik dan mewakili provinsi ke tingkat nasional. Meski merupakan desa transisi, segala kesiapan dan juga fasilitas pendukung Desa Foya, telah total dikerjakan perangkat desa beserta masyarakat. “ Ini yang menjadi harapan kami agar Desa Foya bisa mengukir prestasi di tingkat provinsi bahkan nasional. Kami berharap, program PKK ini dapat menjadi acuan dan semangat pemerintah daerah terlebih lagi masyarakat untuk membangun desa dengan 10 program unggulan PKK,” harapnya.

    Sementara itu, Ketua Tim Penilai Provinsi Malut, Siska Rita Madjid,
usai melakukan penilaian, menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Foya karena dengan semangat telah berupaya mempersiapkan desa hingga keluar sebagai juara satu tingkat kabupaten. Itu menandakan, tim penggerak PKK Halsel telah melaksanakan program di tiap kecamatan dengan mengikutsertakan tiga desa atau tiga unsur pengurusan Tim Penggerak PKK dan hasilnya Desa Foya Kecamatan Gane Timur mendapatkan juara satu mewakili Kabupaten Halsel untuk tingkat provinsi." Tentu kami juga berharap Desa Foya bisa mengungguli penilaian dari desa lain di seluruh kabupaten/kota se Malut agar bisa keluar sebagai yang terbaik tingkat provinsi,” harapnya.

    Terpisah, kepala Desa Foya Ramli Robo yang ditemui disela sela-sela penilaian, sangat berterimakasih kepada tim penggerak PKK Halsel yang telah menilai Desa Foya sehingga menjadi yang terbaik dan dapat mewakili Halsel ke tingkat provinsi. “Besar harapan kami warga Desa Foya agar nantinya bisa menjadi yang terbaik di tingkat provinsi. ini akan menjadi penyemangat warga untuk terus membangun desa dengan 10 program PKK,” tutu Ramli.  

    Kegiatan penilaian yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dengan tema "Melalui Lomba 10 program Pokok PKK Kita Sukseskan Prioritas Kerja PKK dengan Pradigma Baru untuk Mewujudkan Keluarga Mandiri dan Sejahtera” ini dihadiri Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Kepala DPMD dan sejumlah pimpinan SKPD lain.

    Turut hadir Danramil, Kapolsek Gane Timur, Camat Gane Timur, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Se-Kecamatan Gane Timur, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat setempat.(Sam/adv/Lid)

 

Share
Berita Terkait

Mahasiswi Tewas Saat Memotret

06/03/2018, 12:01 WIT

Video Mesum Siswi SMP Tersebar

12/01/2019, 11:46 WIT

Jabatan Noce Jadi Taruhan

10/02/2018, 09:22 WIT

E-Paper

Berita Populer

Vote Pilpres

(82,46%)       :       (17,54%)

Dahlan Iskan