Senin, 17 Juni 2019

 Headline
MALUT POST / EKONOMI / Muamalat-Baznas Salurkan Bantuan

Muamalat-Baznas Salurkan Bantuan

Diposting pada 15/04/2019, 09:13 WIT


TERNATE-Bank Muamalat Cabang Ternate bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional Maluku Utara (Baznas Malut) menyalurkan sembako dan sejumlah uang, kepada kaum dhuafa di Kantor Baznas Malut, Jumat (12/2), pekan lalu.

Branch Manager Bank Muamalat Cabang Ternate, Dwi Poedji Widodo mengatakan bantuan yang diberikan kepada 100 mustahik ini dihimpun dari karyawan, nasabah, rekanan Muamalat dan baitul mal Bank Muamalat.   Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan, tapi rencananya akan diprogramkan setiap tahun. “Untuk awal ini kita salurkan pada mustahik yang berada di sekitar 10 masjid di Ternate,” ujarnya.  Tujuan bantuan ini untuk memberdayakan masjid, sehingga masjid lebih mandiri. Masjid tidak perlu menunggu sumbangan tapi memiliki usaha sendiri. “Karena itu, Bank Muamalat memberikan solusi untuk masjid sehingga masjid tidak hanya tempat ibadah, menjadi tempat perekonomian terutama untuk jamaahnya,” jelas Dwi.

Para jamaah yang ingin bayar telpon, listrik, lampu, beli pulsa, tiket pesawat  bisa langsung ke masjid terdekat karena Bank Muamalat memberikan alat transaksinya. “Bisa juga untuk pendaftaran haji,” tambahnya.  Bank Muamalat terus menghadirkan program untuk mempermudah nasabah.

Nasabah yang mau melakukan pelunasan haji, juga bisa melalui kanal elektroniknya. Pelunasan haji selain bisa dilakukan melalui counter teller di cabang terdekat, bisa juga dilakukan pelunasan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Selain itu, nasabah Bank Muamalat yang mau berinfak tapi tidak mau mengeluarkan uang juga bisa, yang biasa disebut deposito infak. Bagi hasil dari deposito yang diinfakkan setiap bulan Rp 400 ribu, tapi uang pokoknya tidak berkurang. Dwi mengatakan dari transaksi, masjid  akan mendapatkan fee. Masjid yang sudah membuka rekening di Bank Muamalat akan diberikan 1000 BPJS Ketenagakerjaan secara gratis  .

Kepala Kanwil Kemenag Malut, Sarbin Sehe mengatakan program Muamalat yang dilakukan bersama Baznas Malut, diharapkan menjadi bagian dari semangat beragama. Karena itu, Muamalat dan Baznas terus bekerja sama.  Wakil Ketua Baznas Malut, Basir Ishak berharap, program seperti ini akan berlanjut pada bulan puasa mendatang.  “Selain itu ada juga kerja sama untuk mengembangkan IKM agar lebih maju lagi,” tambahnya.  (tr-02/onk/pn).

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan