Selasa, 16 Juli 2019

 Headline
MALUT POST / / 10 SKPD Zona Merah

10 SKPD Zona Merah

Diposting pada 16/04/2019, 12:27 WIT
Said M. Yastab
Said M. Yastab

WEDA - Pelayanan publik di 10 Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, zona merah. Ini diakui Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Halteng Said M. Yastab kepada Malut Post di ruangan kerjanya, Senin (16/4) kemarin.

Ia menyatakan, hasil penilaian kepatuhan standar pelayanan publik sesuai Undang-undang 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, Ombudsman telah mensampling 10 SKPD yang punya tupoksi dalam pelayanan publik. “Dari pelayanan perijinan dan pelayanan publik lainnya itu kita masih kategori zona merah atau memperoleh nilai 17,40,” ujarnya.

Setelah hasil itu dipaparkan oleh Ombudsman, Bupati Edi Langkara nginstruksikan para asisten untuk melakukan pendampingan guna membenahi pelayanan publik. “Para asisten turun melakukan pendampingan untuk memperbaiki pelayanan publik di 10 SKPD tersebut,” katanya.

Sesuai penilaian Ombudsman, kualitas pelayanan publik di 10 SKDP ini dinilai masih rendah. “Misalnya pengurusan administrasi kependudukan harus punya jangka waktu dan tidak dipungut biaya, ini sudah dijalankan SKPD tetapi tidak terpublikasikan. Artinya setiap persyaratan harus diketahui publik. Minimal ditempel di papan informasi dan baliho,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk memaksimalkan kualitas pelayanan di 10 SKPD ini pihaknya sudah beberapa kali melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dan progress pelayanan sudah cukup bagus. “Kita sudah beberapa kali sidak dan pelayanan sudah mulai ada peningkatan,” katanya. (mpf)

10 SKPD dengan Pelayanan zona merah
1. Dinas Kesehatan
2. Dinas Lingkungan Hidup
3. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
4. Dinas Penanaman Modal dan PTSP
5. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
6. Dinas Perhubungan
7. Dinas Perindagkop dan UKM
8. Dinas Sosial
9. Dinas Ketenagakerjaan dan Tranasmigrasi.  
10. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan