Rabu, 24 Juli 2019

 Headline
MALUT POST / / Antisipasi Serangan Fajar Bawaslu Patroli 24 Jam

Antisipasi Serangan Fajar Bawaslu Patroli 24 Jam

Diposting pada 16/04/2019, 12:23 WIT
Raflli Kamaluddin. (Ggl)
Raflli Kamaluddin. (Ggl)

TOBELO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Rabu (17/4), menggelar patroli 24 Jam ke seluruh TPS dan tempat keramaian, hal ini dilakukan guna mengantisipasi “serangan fajar” (Money Politik red) yang sengaja dilakukan oleh oknum tertentu.

    Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Halut, Raflli Kamaluddin, saat ditemui Senin (15/4). Dijelaskan Rafli,  pelaksanaan pemilihan umum serentak yang berlangsung Rabu besok, sangat rawan dan berpotensi terjadi serangan fajar. Hal ini sengaja dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk meraih hasil maksimal pada pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum Presiden. “Untuk mengantisipasi perilaku menyimpang tersebut, Bawaslu telah membentuk tim khusus yang berpatroli ke seluruh TPS maupun daerah tertentu dimana ada kerumunan orang yang dicurigai melakukan tindakan money politik. Dan itu akan dilakukan petugas selama seharian penuh,” tegas Rafli.

Dikatakan Rafli,  patroli ini merupakan agenda Bawaslu yang bersifat Nasional atau Bawaslu seluruh Indonesia melakukan hal yang sama untuk mengantisipasi money Politik. “Patroli ini akan dilakukan secara bergiliran dimana setiap kecamatan kami utus dua petugas ditambah satu orang dari kepolisian,” Kata Rafli.

Partoli ini lanjut Rafli, tidak hanya memantau dan mencari oknum tertentu yang melakukan serangan fajar, namun petugas juga menghimbau dan mengingatkan kepada warga untuk tidak melakukan tindakan serangan fajar atau terlibat dalam tindakan tersebut. Sebab, jika terlibat, nanti konsekuensi pidana pemilu bagi yang memberi maupun yang menerima. “Patroli ini sebenarnya telah dimulai sejak tanggal 14 dan berlangsung sampai pada hari H nanti, ”katanya.

Rafli berharap, untuk seluruh lapisan masyarakat di Halut, agar turut membantu penyelenggara guna mengawasi proses tahapan dalam pemungutan suara. “Harapan kami juga agar penyelenggara baik ditingkat bawah sampai di KPPS, bisa bersinergi sehingga pesta Demokrasi ini dapat berjalan sebagaimana mestinya,” Harapnya.(Cr-04/Lid)
 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan