Senin, 27 Mei 2019

 Headline
MALUT POST / OLAHRAGA / Tiga Pilar Tottenham Absen

Tiga Pilar Tottenham Absen

Diposting pada 17/04/2019, 14:24 WIT
SOn Heung-min & Raheem Sterling
SOn Heung-min & Raheem Sterling

MANCHESTER City akan menjamu Tottenham di Etihad Stadium pada leg kedua babak perempat final Liga Champions 2018/19, Kamis (18/4). City kalah satu gol di leg pertama, tapi percaya diri bisa memukul balik Tottenham dan melangkah ke babak berikutnya. Yang lolos akan menghadapi Juventus atau Ajax Amsterdam di semifinal. Leg pertama di stadion baru Tottenham, yang merupakan pertemuan perdana mereka di panggung kompetisi Eropa, berkesudahan 1-0 untuk kemenangan tuan rumah. Gol tunggal Tottenham dicetak oleh Son Heung-Min pada menit 78.

 

City punya satu peluang emas di babak pertama, tapi eksekusi penalti Sergio Aguero dimentahkan oleh Hugo Lloris. Tottenham menang, tapi striker Harry Kane jadi 'tumbal', di mana dia mengalami cedera engkel dan diperkirakan absen sampai akhir musim. Meski kalah di leg pertama, City tidak panik. Sang manajer Josep Guardiola yakin timnya bisa membalikkan situasi. "Satu-satunya alasan untuk panik adalah jika Anda akan tersingkir. Saya cukup yakin kami akan ke babak selanjutnya," kata Guardiola kepada Sky Sport News.

Optimisme itu bukan tanpa alasan. Akhir pekan kemarin, City sudah memanaskan mesin dengan kemenangan tandang 3-1 atas Crystal Palace di liga. Gabriel Jesus menyumbang satu gol, sedangkan Raheem Sterling memborong dua. Target mereka berikutnya adalah Tottenham, yang baru menghajar Huddersfield 4-0 melalui satu gol Victor Wanyama dan hat-trick Lucas Moura. Totteham selalu menang tanpa kebobolan dalam tiga laga terakhirnya di semua ajang. Namun tiga kemenangan itu semuanya adalah kemenangan kandang.

Dalam dua laga tandang terakhirnya, Tottenham selalu kalah dengan skor identik 1-2 melawan Southampton dan Liverpool. Form itu membuat mereka kurang difavoritkan di Etihad Stadium. Dalam laga kandang terakhirnya melawan Tottenham, yakni di Premier League musim lalu, City menang 4-1. City unggul lewat gol-gol Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne dan Sterling (2), sedangkan Christian Eriksen cuma bisa memberi satu gol hiburan untuk Spurs. Tottenham tampil bagus di leg pertama lalu. Pasukan Mauricio Pochettino berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 berkat gol bintang Korea Selatan Son Heung-Min. Namun, kemenangan dengan selisih satu gol seperti itu belumlah aman. Tampil di kandang sendiri akan memberikan Manchester City energi dan motivasi lebih. Apalagi The Cityzens terkenal sangat sudah untuk dikalahkan kala tampil di kandang sendiri pada musim ini.

Rekor kandang Guardiola di Liga Champions bersama Barcelona, Bayern Munchen dan Manchester City juga cukup meyakinkan, tujuh kali menang dan hanya sekali kalah di fase perempat final. Pada pertandingan leg pertama lalu, Sterling menjadi salah satu pemain City yang paling merepotkan lini pertahanan Spurs. Penyerang Inggris didikan akademi Queen Park Rangers dan Liverpool ini bisa menyerang dari berbagai sisi di lini depan.

Musim ini penampilan Sterling bisa dikatakan sangat bagus. Hingga pekan kedua bulan April, eks pemain Liverpool itu sudah tampil di 44 pertandingan bersama City di semua ajang dengan torehan 21 gol dan 16 assist. Sementara di Lga Champions is telah mencatat tiga gol dan tiga assist dari sembilan penampilan. Tottenham hampir dipastikan tak akan diperkuat Harry Kane, Dele Alli, dan Eric Dier saat bertandang ke markas City. Dua nama pertama tentu sangat krusial mengingat keduanya adalah andalan di lini depan. Absennya pemain-pemain kunci membuat Spurs akan sangat bergantung pada sosok Son Heung-min di laga nanti.

Pemain asal Korea Selatan ini memang bisa diandalkan, terbukti ketika pada leg pertama lalu ia berhasil mencetak gol kemenangan Spurs atas City. Sepanjang musim 2018-2019, Son telah menyumbang 18 gol dan 10 assist di semua ajang untuk The Lillywhites. Sementara di Liga Champions ia mencatat dua gol dan satu assist. Tottenham Hotspur menghadapi masalah yang cukup serius jelang laga menghadapi Manchester City. Tiga pilar penting mereka harus absen. Kondisi timpang dan bermain tandang membuat mereka kian tidak diunggulkan untuk bisa lolos ke semifinal.

Di sisi lain, Manchester City masih on fire di kompetisi domestik. Selain itu tak ada pemain penting dari skuat Pep Guardiola yang absen. The Cityzens diprediksi akan menang 3-1 di laga nanti dan melaju ke babak semifinal.(net/aji)

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan