Kamis, 17 Oktober 2019

 Headline
MALUT POST / AKADEMIKA / Peminat Poltekkes Sudah Melebihi Kuota

Peminat Poltekkes Sudah Melebihi Kuota

Diposting pada 18/04/2019, 11:56 WIT
Poltekkes Kemenkes Ternate
Poltekkes Kemenkes Ternate

TERNATE – Calon mahasiswa yang terdaftar di Poltekkes Kemenkes Ternate sebanyak 365 orang. Ini setelah dibukanya pendaftaran sejak 20 Maret lalu.

Berdasarkan data dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru), jumlah pendaftar ini  terbagi dalam jurusan Kebidanan 123 orang, Keperawatan 117 orang, Analis Kesehatan 102 dan untuk jurusan Gizi serta Kesehatan Lingkungan (Kesling) jumlahnya masih minim, yaitu Anaslis 13 orang sementara Kesling baru 10 orang.   

Jumlah ini, jika dibandingkan dengan kuota yang tersedia untuk tahun ini, maka sudah melebihi target, yaitu 350 orang. “Untuk kurusan Keperawatan dan kebidanan masing-masing 100 mahasiswa sedangkan gizi, Kesehatan lingkungan, dan Analis kesehatan masing-masing 50 mahasiswa,” ungkap Ketua Panitia Sipenmaru, Sahnawi Marsaoly, S.Kep, M.Kes saat ditemui di ruang kerjanya, dua hari lalu.  

Meski begitu, pendaftaran masih tetap dibuka hingga 18 Mei mendatang. Menurutnya, jumlah pendaftar ini rata-rata lulusan 2018 ke bawah. “Masih ada kesempatan kurang lebih satu bulan bagi calon Maba (Mahasiswa baru) yang sekarang masih di bangku kelas III SMA,”tambah Sahnawi yang juga Wakil Direktur III. Nantinya, setelah mendaftar para calon maba ini akan disaring melalui tes. Yakni, ujian tulis pada 22 Mei dan Psikotes 13-17 Juni 2019.

Meskitelah ditetapkan  tahapan tes hanya dibuka satu kali, Sahnawi mengaku kemungkinan tes kedua masih bisa dilaksanakan, jika kuotanya belum terpenuhi. ”Misalnya setelah pengumuman masih ada jurusan yang kuotanya belum terpenuhi bisa dibuka tahap kedua,”jelasnyasereya berharap nantinya, calon Maba yang lolos nanti benar-benar mahasiswa yang siap dilatih serta punya minat dan bakat di kejuruan ini. “Selain kemampuan akademik, harus ada bakat dan minat, karena ada tuntutan tertentu untuk sekolah vokasional seperti ini baik sikap maupun mental,”jelasnya.

Sekadar diketahui, biaya pendaftaran untuk satu pilihan jurusan senilai  Rp100 ribu  dan untuk dua pilihan Rp125 ribu. (mg-01/nty)

 

Share

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan