Rabu, 24 Juli 2019

 Headline
MALUT POST / EKONOMI / Basuki: Jangan Ambil Kerang

Basuki: Jangan Ambil Kerang

Diposting pada 18/04/2019, 09:25 WIT
KERANG: Kerang yang diamankan petugas SKIPM Ternate
KERANG: Kerang yang diamankan petugas SKIPM Ternate

TERNATE-Pihak Stasiun Karantina Ikan, Pengendali Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Ternate, meminta masyarakat tidak mengambil dan merusak komoditi perikanan yang dilindungi.

Kepala Sub Seksi Pengawasan Pengendalian dan Informasi SKIPM Ternate, Basuki Dwi Aryanto mengatakan ada beberapa jenis komoditi perikanan yang dilarang untuk dilalulintaskan seperti lobster, kepiting kenari dan akar bahar. Bukan hanya itu saja, beberapa jenis kerang juga dilarang diambil.

Dia menjelaskan  sesuai dengan peraturan pemerintah RI Nomor 7 tahun 1999 APPENDIKS II CITES, kerang yang dilarang untuk dilalulintaskan diantaranya kima sisik, kima cina, kima kecil, kima lubang, kepala kambing, susu bunder, coral, dan beberapa jenis kerang lainnya. Menurut dia, jenis kerang ini mulai langka sehingga dilarang untuk merusak dan mengambilnya. “Dilarang karena sudah masuk dalam spesies yang terancam punah,” jelasnya.

Dia juga menambahkan di tahun 2018 ada beberapa jenis komoditi perikanan yang dilarang ini, ada yang mau mengirim melalui Bandara Sultan Babullah Ternate, namun dicegah dan diberi penjelasan sehingga mereka mengerti.  Harapnya masyarakat dapat mengenal dan mengetahui jenis kerang yang dilarang untuk dilalulintaskan karena sudah terancam punah. “Tiap kesempatan kita selalu memberitahukan untuk tidak merusak dan mengambil komoditi yang dilindungi,” tuturnya. (tr-02/onk).

 

Share
Berita Terkait

Tiket Mahal, Penumpang Pesawat Turun

16/04/2019, 12:33 WIT

Ultah ke-56, Taspen Cegah Stunting

12/04/2019, 08:58 WIT

Honda Forza Hadir di Malut

16/04/2019, 11:49 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan