Sabtu, 07 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Kemendagri Setujui Perampingan OPD

Kemendagri Setujui Perampingan OPD

Diposting pada 19/07/2019, 14:20 WIT
KONSULTASI : Komisi I DPRD Halmahera Barat saat melakukan konsultasi di tiga Dirjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), beberapa waktu lalu.
KONSULTASI : Komisi I DPRD Halmahera Barat saat melakukan konsultasi di tiga Dirjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), beberapa waktu lalu.

JAILOLO – Perampingan enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Halmahera Barat yang diinisiasi Komisi I DPRD bakal mulus. Ini karena sesuai hasil konsultasi ke Direktorat Kelembagaan, Direktorat Produk Hukum Daerah dan Direktorat Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa waktu lalu, disetujui dilakukan perampingan.”Kemendagri merestui enam OPD dirampingkan. Karena banyak struktur OPD di Pemkab Halbar, tetapi miskin fungsi,”kata Ketua Komisi I DPRD Halbar Djufri Muhammad yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (18/7).
    Perampingan ini untuk kepentingan daerah, karena banyak struktur OPD tetapi miskin fungsi. OPD tersebut adalah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sementara Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dilebur, sehingga ada satu OPD yakni Dinas Pendapatan (Dispenda). Dan untuk Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPK) yang sebelumnya direncanakan digabungkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) masih dipertimbangkan."Jadi enam OPD yang rencana digabungkan,"katanya.
       Setelah mendapat restu dari Kemendagri, maka komisi yang membidangi hukum dan pemerintahan ini akan mengusulkan dilakukan revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 tahun 2016, tentang struktur OPD."Kita akan buat usulan revisi Perda nomor 6, sehingga pada saat perampingan OPD dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam perda,"ucap politisi Partai NasDem ini.(din/met)

Share
Berita Terkait

Jokowi Menang Telak di Desa Danny

18/04/2019, 13:04 WIT

Danyonif RK 732/Banau Berganti

07/12/2018, 12:50 WIT

Sehari, Empat Tewas di Jalan

12/03/2018, 12:37 WIT

Jembatan Goin - Kedi Tuntas 2020

22/07/2019, 14:17 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan