Senin, 19 Agustus 2019

 Headline
MALUT POST / MAJANG POLIS / WARGA:Kondisi para penumpang yang hendak turun dari motor kayu.Warga harus berbasah-basah dan menggulung kaki celana untuk bisa turun ke bibir pantai Sulamadaha.

WARGA:Kondisi para penumpang yang hendak turun dari motor kayu.Warga harus berbasah-basah dan menggulung kaki celana untuk bisa turun ke bibir pantai Sulamadaha.

Diposting pada 22/07/2019, 13:15 WIT
Dermaga Pelabuhan Hiri Tak Kunjung Dibangun
Dermaga Pelabuhan Hiri Tak Kunjung Dibangun


Sulitnya Akses Penyebrangan Laut Sulamadaha-Hiri

Warga Harus Gulung Kaki Celana Untuk Bisa Naik ke Motor Kayu

Editor  :Fitrah A Kadir
Peliput :Rasyid L. Yamani

TERNATE-Karena tidak ada dermaga pelabuhan yang layak, warga yang hendak menyebrang ke pulau Hiri sangat melalui pelabuhan Sulamadaha kesulitan. Akses ke pulau Hiri sudah dilayani kapal motor kayu yang setiap harinya beroperasi, namun masyarakat tetap saja dibuat sulit. Bayangkan, untuk menjangkau kapal motor kayu saja, para penumpang dipaksa untuk menggulung kali celana dan masuk ke air lalu naik ke motor kayu. Hal ini bahkan sudah berlangsung sejak lama, tanpa ada perhatian sama sekali dari Pemkot Ternate. Ini terlihat dari hasil pantauan, Minggu kemarin. "Beginilah nasib penumpang kalau hendak menyebrang ke Hiri, dan ini sudah berlangsung sejak lama tanpa ada perhatian pemerintah,"aku Murad, salah satu penumpang yang hendak menuju ke Hiri ketika disambangi di pelabuhan Sulamadaha. Untuk bisa sampai ke pulau Hiri, masyarakat dilayani jasa penyebrangan laut berupa motor kayu dan satu unit speedboat, setiap harinya. "Beberapa waktu lalu, ada petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) yang turun ke sini (Pelabuhan Sulamadaha) melakukan peninjauan. Tapi sampai sekarang kami tidak tau, apanya yang dilihat dalam tinjauan kemrjn, sebab sampai sekarang tidak ada pelabuhan yang dibuat,"ujar Rahmat, warga lainnya. Karena itu, dalam kesempatan kemarin, warga berharap agar Pemkot Ternate lebih peka dan peduli dengan masyarakat di pulau Hiri.(mg-04/aji)

 

 

Share
Berita Terkait

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan