Sabtu, 14 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Tikep-Haltim Tuntas

Tikep-Haltim Tuntas

Diposting pada 24/07/2019, 14:20 WIT
SEPAKAT: Penandatanganan batas wilayah antara Tikep dan Haltim.
SEPAKAT: Penandatanganan batas wilayah antara Tikep dan Haltim.


Tapal Batas Tului-Toseho Masih Dibahas

Editor :Irman Saleh
Peliput:Mahfud Husen


TIDORE - Batas wilayah antara Kota Tidore Kepulauan (Tikep) dan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) tuntas. Ini setelah adanya kesepakatan antar kedua belah pihak dalam rapat kesepakatan bersama dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Selasa (16/7) lalu di Jakarta.
Pada pertemuan yang dipimpin langsung Plt Direktur Toponimi dan Batas Wilayah Kemendagri, Heru Santoso, yang dihadiri pihak Pemkot Tikep dalam hal ini Sekretaris Kota Asrul Sani Soleman didampingi Kepala Bagian Pemerintahan Zulkifli Ohorela dan untuk Pemkab Haltim dihadiri Bupati Muhidin dan sejumlah SKPD terkait menyepakati tapal batas yang bersandar pada keputusan Sultan Tidore H. Husain Syah yang telah ditandatangani melalui surat maupun peta perbatasan.
Bupati Halmahera Timur Ir Muhidin pada kesempatan ini mengatakan bahwa tidak ada lagi perdebatan soal tapal batas Tidore Haltim karena sudah ada ketetapan yang dilakukan Sultan Tidore selalu pihak adat.
Sekkot Asrul Sani Soleman menyampaikan terima kasih atas kesepakatan wilayah kedua belah pihak yang sebelumnya  diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 2003 tentang pemekaran wilayah di Maluku Utara. “Saya selaku Pemkot Tikep sudah tidak lagi berbicara banyak, semua kami serahkan ke Kemendagri untuk menyelesaikan lebih lanjut,” katanya.
Dikatakannya, setelah kesepakatan keduanya baik Pemkot Tikep maupun Pemkab Haltim, selanjutnya pihak Kemendagri akan segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) Mendagri yang drafnya saat ini sementara ini diboboti.
Sementara untuk tapal batas dalam wilayah Tikep yakni Desa Tului dan Toseho hingga kini belum ditetapkan. Padahal tapal batas tersebut sudah lama diputuskan masing-masing kedua wilayah ini. Pemkot sendiri masih menunggu dari pihak kesultanan untuk turun dan bersama-sama dan menetapkan tapal itu. Namun hingga kini, hal itu belum terealisasi. (cr-03/lex)

Share
Berita Terkait

Sultan Tidore Apresiasi Rizal Ramli

05/04/2018, 12:36 WIT

Tak Terima, Yaser Marah

10/10/2018, 11:34 WIT

Tuan Rumah KKN Kebangsaan

19/02/2019, 09:25 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan