Senin, 16 Desember 2019

 Headline
MALUT POST / / Dorong Festival Mangatoli Masuk Agenda Maksaira

Dorong Festival Mangatoli Masuk Agenda Maksaira

Diposting pada 01/08/2019, 13:43 WIT
BANTUAN: Bupati Hendrata Thes menyerahkan bantuan uang tunai kepada panitia Festival Mangatoli. Ft ikram
BANTUAN: Bupati Hendrata Thes menyerahkan bantuan uang tunai kepada panitia Festival Mangatoli. Ft ikram

SANANA - Semangat Pemkab Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) untuk mengangkat budaya lokal makin gencar.
Buktinya,  Bupati Kepsul Hendrata Thes mendorong Festival Mangatoli yang digagas Himpunan Pelajar Mahasiswa Mangoli (HPMM) Cabang Ternate. Festival ini berlangsung di Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Tengah, Rabu (31/7). Bupati yang diundang untuk membuka festival perdana itu, berjanji mengakomodir Festival Mangatoli sebagai rangakaian dalam kegiatan Festival Maksaira. "Kita harus dorong ini dan alokasikan kedalam APBD melalui kegiatan Festival Maksaira," kata Hendrata yang disambut aplaus dari warga setempat.
Menurut Bupati, kegiatan festival tidak hanya bertujuan menjaga budaya lokal, namun juga menjaga silaturahmi antarsesama. Lanjut Bupati, hal itu juga bagian promosi daerah atas budaya yang perlu ditonjolkan. "Apalagi setiap tahun sekitar 99 festival dilaksanakan di Indonesia, dengan festival kita sampaikan kepada dunia bahwa inilah budaya kita,"ujarnya. Dia memberikan apresiasi kepada pemuda di Mangoli yang terus melestarikan budaya lokal di tengah kepungan budaya asing. Untuk itu tambah Hendrata, tahun depan Festival Mangantoli akan didorong melalui dinas Pariwisata sebagai agenda tahunan. "Sehingga nanti pembiayaan bisa dengan APBD atau bagian dari rangkaian Festival Maksaira," janji Hendrata.
Pada kesempatan itu Hendrata juga menyinggung program pengelolaan hasil kelapa dari kopra menjadi kelapa putih, dan produk lainnya yang direncanakan akan di-launching Agustus ini. "Kita harus sudah ada inovasi agar petani bisa lebih di kembangkan, dan ini juga sangat bagus," pungkasnya. Pembukaan Festival Mangatoli dihadiri Sekkab Umar Umabaihi, Asisten II Arif Umasugi Kadis PUPRPKP, M. Luthfi Kadir, Kadis Kesehatan Irfan Pora, dan Kadis Pendidikan Ishak Umamit. (ikh/onk/pn/*).

 

Share
Berita Terkait

Tiga Pejabat Dicopot

22/02/2018, 11:59 WIT

Prabowo-Sandi Unggul di Lapas Sanana

18/04/2019, 12:56 WIT

Ayah Hamili Anak Kandung

28/11/2018, 12:32 WIT

E-Paper

Berita Populer

Dahlan Iskan